Berita

Kota Administrasi Jakarta Timur



KIP


Berita Resmi Pemkot Jakarta Timur
187

Wali Kota : Waduk Halim Bantu Atur Debit Air ke Phb Sulaeman dan Cipinang


Wali Kota Administrasi Jakarta Timur, M. Anwar bersama Komandan Lapangan Udara (Danlanud) Halim Perdanakusuma, Marsma TNI Bambang Gunarto, meninjau perencanaan pembuatan waduk, di Kawasan Halim Perdanakusuma, RW 03, Kelurahan Cipinang Melayu, Kecamatan Makasar, Jakarta Timur, Jumat (10/9/2021).

"Tentunya waduk ini sangat bermanfaat kalau sudah Kita buat, untuk mengatur debit air yang mengalir ke Phb Sulaeman dan Cipinang," jelas Wali Kota.

Ia menyampaikan, wilayah aliran saluran penghubung (Phb Sulaeman) selalu mengalami banjir karena debit air di saluran Phb Sulaeman tidak terkontrol, maka rencana pembuatan waduk ini diharapkan dapat menormaliasi fungsi saluran air tersebut.

Anwar mengatakan, rencana pembuatan waduk tersebut seluas 2 hektar, dan diharapkan mampu mengatasi banjir di wilayah RW 03, Kelurahan Cipinang Melayu. Anwar juga menyampaikan, di lokasi tersebut memang sudah ada saluran air yang terhubung dengan Phb Sulaeman. Namun, karena tidak terawasi, terdapat bangunan liar yang mengganggu aliran air di saluran tersebut, maka pembuatan waduk direncanakan secepatnya.

"Paling tidak bisa menangani banjir di Phb Sulaeman di RW 03 selama ini kalau hujan sedikit saja mereka kebanjiran. Mudah-mudahan dengan dinormalisasi waduk ini, kerjasama dengan Halim Perdanakusuma, dan AURI insyaallah bisa aman kedepannya," katanya.

Sementara itu, Danlanud Halim Perdanakusuma, Marsma TNI Bambang Gunarto, mengatakan, rencana pembuatan waduk tersebut merupakan kolaborasi pihaknya dengan Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur dalam mengatasi banjir di wilayah aliran saluran Phb Sulaeman.

"Kami menyambut baik, memang ini wilayah Halim, tetapi ini berdampak pada wilayah sekitarnya. Jadi apa salahnya kalau Kita sama-sama menormalisasi waduk ini, sehingga bisa kembali normal," lugasnya. (AD)

Bagikan
Cetak

Berita Terkait

Web Statistik




Jumlah Pengunjung Website