Berita

Kota Administrasi Jakarta Timur



KIP


Berita Resmi Pemkot Jakarta Timur
192

Pemkot Jakarta Timur Gelar `Talkshow Pelaksanaan Kurban di Masa Pandemi PMK


Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat Kota Administrasi Jakarta Timur, Achmad Salahuddin, membuka talkshow `Pelaksanaan Qurban di Masa Pandemi PMK` (Penyakit Mulut dan Kuku) di Ruang Blok C, Kantor Wali Kota Administrasi Jakarta Timur, Rabu (29/6/2022).

Achmad mengatakan, kegiatan ini digelar guna memberikan pemahaman kepada masyarakat, khususnya penyelenggara pelaksanaan pemotongan hewan kurban yang ada di wilayah Kota Administrasi Jakarta Timur.

Menurutnya, masyarakat tidak perlu khawatir dalam menghadapi pandemi PMK ini, namun juga tetap waspada dalam menyikapinya.

“Saat ini sudah ada fatwa MUI (Majelis Ulama Indonesia) Nomor 32 Tahun 2022 tentang Hukum Dan Panduan Pelaksanaan Ibadah Kurban Saat Kondisi Wabah PMK,” ujar Achmad.

Achmad menjelaskan, talkshow ini menyampaikan informasi terkait dengan penyakit mulut dan kuku yang saat ini sedang melanda hewan ternak yang ada di daerah - daerah.

“Pemerintah telah berupaya melakukan berbagai langkah seperti pendistribusian vaksinasi, pembentukan satgas terkait PMK, dan pendirian posko-posko,” papar Achmad.

Kepala Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian Kota Administrasi Jakarta Timur, Ali Nurdin, menjelaskan, talkshow ini berlangsung selama satu hari bekerja sama dengan Majelis Taklim Bahrul Ulum, Baznas Bazis Kota Jakarta Timur, PD. Dharma Jaya dan Bank DKI.

“Hari ini kita undang sebanyak 100 orang panitia pemotongan hewan kurban di Jakarta Timur untuk mengikuti talkshow Pelaksanaan Qurban di Masa Pandemi PMK, dan juga dilakukan secara daring,” ujar Ali.

Ali menjelaskan, materi yang disampaikan diantaranya pemotongan hewan kurban secara syariat Islam, panduan penyelenggaraan penyembelihan hewan ternak kurban pada saat pandemi PMK dan sanitasi higienis penanganan daging hewan kurban. (ID)

Bagikan
Cetak

Berita Terkait

Web Statistik




Jumlah Pengunjung Website