Berita

Kota Administrasi Jakarta Timur



KIP


Berita Resmi Pemkot Jakarta Timur
288

Antisipasi Banjir, Pemkot Jakarta Timur Genjot Pengerukan Waduk dan Saluran


Wali Kota Jakarta Timur, M. Anwar, meminta pengerukan waduk, setu, saluran air, sodetan dan kali dipercepat untuk mengantisipasi banjir dan genangan sebelum musim hujan datang.

Penegasan itu diutarakan Wali Kota saat Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil) bersama seluruh pejabat, baik dari Kepala Suku Dinas, Kepala Suku Badan, Kepala Bagian, 10 Camat, dan 65 Lurah di wilayah Kota Administrasi Jakarta Timur di Gedung Serbaguna Blok C, Kantor Walikota Jakarta Timur, Kamis (18/8/2022).

“Waduk, setu, saluran air, sodetan, dan kali harus dilihat kondisi sedimen lumpurnya. Dikuatirkan sedimennya sudah tinggi dan tebal saat hujan menimbulkan genangan, untuk itu Sudin SDA (Sumber Daya Air) Jakarta Timur agar segera menyelesaikan pengerukan waduk, saluran, setu, sodetan, agar disaat hujan air berjalan lancar dan air bisa tertampung dengan baik sehingga tidak menimbulkan genangan,” kata Wali Kota.

“Jadinya kita upayakan semuanya sudah terkeruk, dan diupayakan aliran air semua sudah tersodet ke waduk yang kita punya. Ini dilakukan agar aliran air bisa tertampung dahulu ke waduk, tidak semua mengalir ke hilir yang bisa menimbulkan banjir di lokasi yang berada di wilayah aliran Kali Ciliwung dan Kali Sunter,” terang Wali Kota.

Dalam rapat yang didampingi Sekretaris Kota Administrasi Jakarta Timur Freddy Setiawan, Asisten Perekonomian, Pembangunan dan Lingkungan Hidup Setko Administrasi Jakarta Timur Kusmanto dan Asisten Kesejahteraan Rakyat Setko Administrasi Jakarta Timur Achmad Salahudin, Wali Kota juga menjelaskan pembuatan sumur resapan (sures) di Jakarta Timur. Targetnya tahun ini, sebanyak 2000 sumur resapan harus rampung di akhir tahun.

“Tahun ini di wilayah Jakarta Timur ditargetkan pembuatan sumur resapan) sebanyak 2000 di bagi per kecamatan di wilayah Jakarta Timur. Dan, saya akan monitor wilayah mana yang capaiannya masih rendah, minggu depan saya akan pimpin rapatnya,” lanjut Wali Kota.

“Untuk target sures tahun lalu sudah selesai. Sekarang pengerjaan untuk tahun ini berapa capaiannya, mumpung masih musim kemarau, dan saya minta untuk para lurah untuk mensurvey lokasi-lokasi mana yang sering terjadi genangan dan banjir agar dibuatkan sures untuk minimal mengurangi genangan,” jelas Wali Kota. (JS)

Bagikan
Cetak

Web Statistik




Jumlah Pengunjung Website