Berita

Kota Administrasi Jakarta Timur



KIP


Berita Resmi Pemkot Jakarta Timur
513

Wali Kota Ingatkan Pengunjung dan Pedagang Pasar Pulo Gadung Biasakan `3 M`


Upaya pencegahan penularan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19), Wali Kota Administrasi Jakarta Timur melakukan inspeksi mendakan (sidak) terhadap dua pasar tradisional dibilangan Kecamatan Pulo Gadung selama PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) Masa Transisi fase kedua, Sabtu (4/7/2020) pagi.

Wali Kota mengatakan, bahwa masa transisi ini merupakan pembelajaran bagi seluruh masyarakat untuk belajar kebiasaan baru yakni dengan pola 3 M yakni, Memakai masker, Menjaga jarak, dan Mencuci tangan.

"Hasilnya, masih ditemukan berbagai pelanggaran, kita imbau sosialisasikan agar pedagang dan pengunjung untuk terus terapkan kepatuhan protokol kesehatan yang telah dianjurkan oleh pemerintah," kata Wali Kota.

Menurunya, sidak ini digelar dalam upaya melakukan penegakan Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 51 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar Pada Masa Transisi Menuju Masyarakat Sehat, Aman dan Produktif. Ia menilai, dari pelanggaran yang ditemukan masih banyak para pengunjung hingga pedagang pasar yang tidak memakai masker.

"Bagi pelanggar kita berlakukan sanksi hukuman disiplin. Itu dilakukan guna memberikan kesadaran bagi seluruh warga akan pentingnya patuhi protokol kesehatan guna mencegah penularan virus corona," paparnya.

Namun demikian Wali kota berpesan, keberhasilan penekanan terhadap angka kasus COVID-19, perlu adanya kerjasama seluru lintas sektor. Adanya pemerintah, stakeholder hingga peran aktif seluruh masyarakat akan pentingnya hidup bersih dan sehat.

"Diharapkan dengan adanya kegiatan ini masyarakat jauh lebih sadar untuk mematuhi protokol kesehatan, sehingga Ibu Kota dapat terbebas dari ancaman virus corona," imbuhnya.

Untuk itu, tegas Wali Kota bahwa pihaknya akan terus menggecarkan perketatan pengawasan wilayah yang dianggap menjadi klaster baru penularan COVID-19.

"Kita sudah sebar petugas gabungan seluruh pengawasan wilayah kita perketat dimasa PSBB transisi fase kedua ini," pungkasnya.

Faisal, seorang pelanggar yang juga warga Kelurahan Kayu Putih menerima akan kesalahannya yang diberikan sanksi hukuman disiplin berupa sanksi sosial dengan membersihkan lingkungan sekitar pasar.

"Karena lupa, ya saya akui kesalahan ini dan akan gunakan masker saat berpergian," pungkas Faisal. (AJ)

Bagikan
Cetak

Berita Terkait

Web Statistik




Jumlah Pengunjung Website