Berita

Kota Administrasi Jakarta Timur



KIP


Berita Resmi Pemkot Jakarta Timur
242

Gubernur DKI Harap Masjid Al-Mujtaba Bisa Jadi Agen Perubahan Sosial


Rampungnya pembangunan Masjid Jami Al-Mujtaba di Jalan H. Dahlan RW 07 Kampung Rawa Domba, Kelurahan Duren Sawit, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur patut disyukuri. Namun, jangan hanya mendirikan masjid, tapi yang terpenting adalah bagaimana memakmurkan masjid tersebut dengan tujuan lebih meningkatkan pemahaman dan kualitas ilmu agama para jamaah berfungsi efektif sebagai agen perubahan sosial, sarana dakwah dan pemberdayaan ekonomi umat.

Hal itu disampaikan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan dalam sambutanya, saat meresmikan Masjid Jami Al-Mujtaba, bersama Menteri Agama Republik Indonesia Yaqut Cholil Qoumas.

"Jadi, makmurkanlah seefektif mungkin sebagai sarana dakwah dan pemberdayaan ekonomi umat sebagaimana layaknya Masjid di masa Nabi Muhammad Salallahu `Alaihi Wasalam, sebagai pusat kegiatan keagamaan, sosial dan pemberdayaan masyarakat,” kata Gubernur.

Ia pun mengapresiasi Imam Masjid, para Khatib, Muadzin, Marbot dan Pengurus DKM, atas upayanya dalam memakmurkan masjid, meningkatkan ukhuwah serta membina harkat, martabat jamaah dan umat Islam di sekitarnya, termasuk dalam pengelolaan Zakat, Infaq dan Sedekah (ZIS).

Dilanjutkan Gubernur, sarana ibadah yaitu masjid dapat dijadikan tempat bermusyawarah untuk memecahkan persoalan umat, sehingga keberadaan masjid memiliki manfaat dalam aspek ruhiyah (keakhiratan) maupun siyasiyah (keduniaan), dan dari Masjid pula umat Islam dapat menimba ilmu pengetahuan serta membangun sebuah peradaban.

“Saya berharap kiranya masjid yang megah, nyaman dan bersih ini, dapat berperan mengikat persaudaraan antar komunitas muslim, membangun keteladanan, menjadikan ajaran Islam sebagai sistem nilai dalam masyarakat, membangun peradaban, serta menjadi Masjid Jami Al-Mujtaba kedepan Masjid Unggulan di wilayah Timur Jakarta,” pungkasnya. (AJ)

Bagikan
Cetak
Copyright © 2021 Sudis Kominfotik Kota Administrasi Jakarta Timur. All rights reserved.