Berita

Kota Administrasi Jakarta Timur



KIP


Berita Resmi Pemkot Jakarta Timur
762

Peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2021


Dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional yang jatuh pada 22 Oktober 2021, Islamic Boarding School (IBS) MTsN 31 Jakarta menggelar upacara bendera, Jumat (22/10/2021). Peringatan Hari Santri Nasional 2021 ini mengangkat tema `Santri Siaga Jiwa Raga`.

Pada upacara ini bertugas sebagai Pembina Upacara, Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat Kota Administrasi Jakarta Timur, Achmad Salahudin. Upacara bendera diikuti oleh seluruh siswa, santri serta guru dan komite yang digelar di Halaman MTsN 31 Jakarta Jalan Dr. KRT. Radjiman Widiyodiningrat, Kampung Rawa Badung, Kelurahan Jatinegara, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur.

Dalam sambutan Wali Kota Administrasi Jakarta Timur yang dibacakan, Ahcmad menyampaikan, pesan agar para santri di Jakarta Timur dapat terus bersikap dan bersiaga dalam membela tanah air dalam mempertahankan persatuan dan kesatuan Indonesia.

"Sesuai dengan yang telah di Ikrar oleh para santri tadi bahwa terdapat adanya `Resolusi Jihad`, yang berisi fatwa kewajiban berjihad demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia," katanya.

Tak hanya itu, Achmad menjelaskan juga soal kesiagaan. Artinya, kesiagaan yang dimaksud ialah siaga jiwa, dengan itu santri tidak lengah menjaga kesucian hati dan akhlak, berpegang teguh pada akidah, nilai, dan ajaran Islam, serta tradisi luhur bangsa Indonesia.

Ia pun mengajak seluruh pihak berikhtiar agar pandemi segera berakhir, secara khusus dalam lingkup pesantren dengan modal utama kedisiplinan menjadi bekal memutus rantai penyebaran Covid 19.

"Terus jalankan protokol kesehatan, serta menjaga kebersihan lingkungan, sehingga memasuki musim penghujan kita mampu mencegah banjir dan ancaman wabah DBD," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Madrasah Islamic Boarding School (IBS) MTsN 31 Jakarta, H. Zainal Ma`arif, mengaku senang peringatan upacara bendera diperingatan Hari Santri Nasional 2021 dapat dipimpin langsung oleh pimpinan Kota yang memberikan langsung arahan dan motivasi bagi para santrinya.

"Alhamdulillah, gelaran peringatan Hari Santri tahun ini dapat berjalan baik dan ini momentum bagi santri dalam berkarya mengharumkan nama Indonesia," ujarnya. (AJ)

Bagikan
Cetak
Copyright © 2021 Sudis Kominfotik Kota Administrasi Jakarta Timur. All rights reserved.