Berita

Kota Administrasi Jakarta Timur



KIP


Berita Resmi Pemkot Jakarta Timur
270

Camat dan Lurah di Jakarta Timur Ikut Sosialisasi Kerukunan Umat Beragama


Camat dan Lurah se-Jakarta Timur mengikuti Sosialisasi Peraturan Bersama Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri Nomor 9 dan Nomor 8 Tahun 2006 tentang Pedoman Pelaksanaan Tugas Kepala Daerah/Wakil Kepala Daerah Dalam Pemeliharaan Kerukunan Umat Beragama, Pemberdayaan Forum Kerukunan Umat Beragama, dan Pendirian Rumah Ibadat, serta Pergub Provinsi DKI Jakarta Nomor 83 Tahun 2012 tentang Perjanjian Pembangunan Rumah Ibadah, Rabu (24/11/2021)

Sosialisasi tersebut digelar di Padepokan Pencak Silat Yayasan Pondok Pesantren Minhaajurrosyidin, Kelurahan Lubang Buaya, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur.

Acara yang digelar oleh FKUB (Forum Kerukunan Umat Beragama) Jakarta Timur ini dibuka oleh Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat Kota Administrasi Jakarta Timur, Achmad Salahuddin.

“Sosialisasi hari ini audiensnya sangat khusus sekali, karena pesertanya para Camat dan Lurah yang terus terang mereka ini menjadi ujung tombak bagaimana Peraturan Gubernur ini bisa berjalan dengan maksimal. Sebab, ini berpotensi terjadinya konflik di lingkungan kalau tidak ada pemahaman yang mendalam tentang acuan atau peraturan ini,”ujar Achmad.

Achmad berharap, acara ini bisa berlanjut lagi sesuai dengan arahan dari Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Timur agar jangan hanya berhenti di Camat dan Lurah tapi juga untuk RT,RW dan sebagainya, supaya ada kesamaan persepsi menyangkut masalah ini.

“Ke depannya jika ini berhasil sehingga tidak terjadi lagi konflik-konflik berkaitan dengan pendirian sarana Ibadah,” tutupnya.

Sementara itu, Ketua FKUB Jakarta Timur , Ma`arif Fuadi, mengatakan, sesuai dengan moto Kota Jakarta sebagai Kota Kolaborasi maka dalam sosialisasi ini mengajak Yayasan Pondok Pesantren Minhaajurrosyidin.

Tujuannya, agar Camat dan Lurah benar-benar memahami peraturan ini, sehingga dalam pelaksanaan di lapangan nanti ketika ada pendirian rumah ibadah mereka mempunyai persepsi yang sama.

“Harapannya pendirian rumah ibadah dapat diproses dengan cepat untuk memenuhi pelayanan kita terhadap masyarakat yang akan melakukan ibadah di rumah ibadah agamanya,” ujarnya. (SW)

Bagikan
Cetak

Capaian Kinerja Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Tahun 2021

Jakarta Bangkit, Wajah Baru Jakarta Tahun 2021 Dengan kolaborasi, Pemprov DKI Jakarta bangkit dari pandemi dengan mengajak seluruh warga untuk mewujudkan visi Jakarta menjadi kota maju, lestari, berbudaya dan adil bagi semua.

INFO JAKTIM

INFO JAKTIM - 22

INFO JAKTIM - 22

Baca Sekarang

INFO JAKTIM - 24

INFO JAKTIM - 24

Baca Sekarang

INFO JAKTIM - 26

INFO JAKTIM - 26

Baca Sekarang

INFO JAKTIM - 28

INFO JAKTIM - 28

Baca Sekarang

Copyright © 2022 Sudis Kominfotik Kota Administrasi Jakarta Timur. All rights reserved.