Berita

Kota Administrasi Jakarta Timur



KIP


Berita Resmi Pemkot Jakarta Timur
321

Mencicipi Oblok Nila, Kuliner Khas Betawi di Cakung Barat


Bicara mengenai kuliner khas Betawi pasti tak jauh dari Nasi Uduk, Gabus Pucung Semur jengkol dan Soto Betawi. Namun di wilayah Kampung Baru RW 07 Gang Tebu Jalan Tipar kelurahan Cakung Barat, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur, terdapat makan khas Betawi yaitu Oblok Nila sejak puluhan tahun lalu yang masih banyak orang belum tahu. Sebab, rumah makan yang menawarkan hidangan Oblok Nila Betawi ini terbilang langka. 

Salah satu warga RW 07 Kelurahan Cakung Barat, H. Bahrun sejak tahun 1999 telah membuka Warung Makan Betawi yang menyajikan berbagai jenis makanan khas Betawi. Diantaranya, Nasi Uduk, Oblok Betawi, Soto Betawi, Gabus dan Bandeng Pucung dan Bekasem. 

Keberadaan Oblok Nila pun menggugah selera bahkan menjadi menu favorit bagi warga sekitar Kampung Baru ini, dengan harga Rp 7.000 - 12.000 per porsinya. Oblok Nila ini memiliki rasa gurih dan pedas, karena campuran bumbu yang menyatu pada daging Nila, dan dagingnya pun lumayan empuk. Dinikmati dengan nasi panas dan bakwan udang, mantap sekali rasanya. 

"Alhamdulillah, 23 tahun sudah jalani usaha ini. Kita harapkan kearifan budaya lokal melalui kuliner Oblok Betawi ini terus dapat dikembangkan, sehingga tidak punah," kata Bahrun kepada Tim Sudin Kominfotik Jakarta Timur di lokasi, Rabu (12/1/2022). 

Dijelaskan Bahrun, bahwa proses pengolahan Oblok Nila membutuhkan waktu yang agak lama untuk membuat daging entok lunak. 
Sementara itu Lurah Cakung Barat, Rahmat Arif, mengaku bangga masih ada warganya yang melestarikan makanan khas Betawi, utamanya Oblok Betawi. 

"Ini patut dibanggakan, kedepannya kita akan usulkan kepad Sudin PPKUKM Jakarta Timur, sehingga dapat dilakukan pemberdayaan dan pembinaan lanjutan," tandasnya. 

Muhammad Guntur, warga RW 07 Kampung Baru, sekaligus pelanggan Warung Makan Khas Betawi H. Bahrun mengatakan aneka ragam makanan khas Betawi yang disajikan memiliki rasa yang enak. 

"Pokoknya pas dan mantap. Buka jam 11 siang, sehabis Zuhur juga sudah habis. Jadi bagi warga masyarakat di Jakarta Timur jangan sampai nggak nyobain. Ini gurih, enak betul," ujarnya.  (AJ)

Bagikan
Cetak

Capaian Kinerja Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Tahun 2021

Jakarta Bangkit, Wajah Baru Jakarta Tahun 2021 Dengan kolaborasi, Pemprov DKI Jakarta bangkit dari pandemi dengan mengajak seluruh warga untuk mewujudkan visi Jakarta menjadi kota maju, lestari, berbudaya dan adil bagi semua.

INFO JAKTIM

INFO JAKTIM - 22

INFO JAKTIM - 22

Baca Sekarang

INFO JAKTIM - 24

INFO JAKTIM - 24

Baca Sekarang

INFO JAKTIM - 26

INFO JAKTIM - 26

Baca Sekarang

INFO JAKTIM - 28

INFO JAKTIM - 28

Baca Sekarang


Copyright © 2022 Sudis Kominfotik Kota Administrasi Jakarta Timur. All rights reserved.