Berita

Kota Administrasi Jakarta Timur

TERPOPULER
TERPOPULER


KIP


Berita Resmi Pemkot Jakarta Timur
123

Waspadai Ancaman DBD di Tengah Pandemi, Kelurahan Jatinegara Gencarkan PSN


Di tengah pandemi COVID-19, kader Juru Pemantau Jentik (Jumantik) Kelurahan Jatinegara, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur terus mengingatkan warga untuk mencegah wabah Demam Berdarah Dengue (DBD). Hal itu dilakuan dalam gerakan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dengan Menguras, Menutup, Mengubur, Plus segala bentuk pencegahan lainnya (3M Plus), Jumat (16/10/2020).

Lurah Jatinegara, Selamet Sihabudin, mengapresiasi kader Jumantik yang tetap mengingatkan warga dalam mencegah DBD di tengah wabah COVID-19. Meskipun dalam kondisi ini pentingnya kebersihan lingkungan untuk terus terjaga.

“Diharapkan di saat seperti ini untuk menjadi Jumantik mandiri demi menjaga keluarganya masing-masing dari bahaya DBD dan jalani PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat),” katanya saat dikonfirmasi.

Ia pun menegaskan, kebiasaan saat ini dalam hidup bersih dan sehat agar terus ditingkatkan. Sebab, saat ini akan memasuki musim penghujan, sehingga ancaman penyakit DBD dikhawatirkan cepat meningkat.

“Nah, kebiasaan yang selama ini dilakukan hidup bersih dan sehat harus terjaga dan ditingkatkan. Jangan lengah, jika semuanya sadar akan kebersihan diyakini seluruh warga Kelurahan Jatinegara dapat terbebas dari nacaman virus corona dan DBD,” imbuhnya.

Sekedar informasi, tambah Selamet, hingga bulan Oktober 2020, Kelurahan Jatinegara masih dalam kondisi aman dan tidak ditemuan kasus DBD. Dengan itu pentingnya kolaborasi masyarakat dalam menjaga lingkungan.

”Saya bangga, kita bersama menjaga lingkungan yang bersih. Terkahir kasus DBD di Kelurahan Jatinegara perbulan Januari - Maret ditemukan 60 kasus. Dengan adanya monitoring dan evaluasi, Alhamdulillah samapi Oktober zero (nol) kasus DBD. Terus pertahankan lakukan jumantik mandiri,” jelasnya. (AJ)

Foto Dok. Kelurahan Jatinegara

 

Bagikan
Cetak
Copyright © 2020 Sudis Kominfotik Kota Administrasi Jakarta Timur. All rights reserved.