Berita

Kota Administrasi Jakarta Timur



KIP


Berita Resmi Pemkot Jakarta Timur
291

Pengerjaan Crossing Saluran di Jalan Abadi Duren Sawit Dimulai Malam Ini


Mulai malam ini, Jumat (26/11/2021) jam 21.00 WIB akan dilakukan pengerjaan crossing saluran di Jalan Abadi, RT 014/RW 06, Kelurahan Duren Sawit, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur. Pengerjaan tersebut akan dilakukan hingga 29 November 2021.

Adapun pembuatan crossing saluran tersebut untuk mengatasi genangan dan banjir saat musim hujan di RW 06 dan RW 09 Kelurahan Duren Sawit.

Hal itu dibahas dalam Rapat Rekayasa Lalu Lintas Pengerjaan Crossing Saluran Jalan Abadi, di Ruang Rapat IV, Lantai II Blok A, Kantor Walikota Jakarta Timur, yang dipimpin oleh Sekretaris Kota Administrasi Jakarta Timur, Fredy Setiawan.

“Karena pengerjaan crossing tidak sepanjang hari, dari jam 21.00-04.00 WIB, oleh karena itu pengalihan arus ke arah sisi Jalan Inspeksi KBT ini harus dipersiapkan,” ujar Fredy.

Ia melanjutnya, persiapan juga harus dilakukan oleh masing-masing UKPD, seperti steril dari keberadaan pedagang dan penambahan rambu-rambu serta penerangan di sepanjang sisi KBT.

“Jika masih ada PKL yang membandel harus dihalau dengan cari persuasif untuk petugas Satpol PP, jangan menunggu mereka berdagang, karena dapat mengganggu proses pengerjaan crosssing,” tambahnya.

Fredy menyebutkan, pengerjaan crossing saluran akan dilakukan oleh Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Kota Administrasi Jakarta Timur, dari Jalan Abadi ke arah KBT (Kanal Banjir Timur) yang terhubung ke Phb Melur, agar tidak berakhir mengalir ke saluran Phb Tegal Amba.

“Jadi aliran langsung dibuang ke KBT, sehingga akan mengurangi beban air yang berada di aliran air tersebut di daerah Kelurahan Duren Sawit terutama di Komplek Abadi," jelas Fredy.

Ia berharap, pengerjaan crossing akan selesai pada Minggu (29/11/2021) malam dan aktivitas warga bisa kembali normal.

Sementara itu, Kepala Seksi Pemeliharaan Suku Dinas SDA Kota Administrasi Jakarta Timur, Puryanto, menjelaskan, pengerjaan crossing ini untuk menjawab permasalahan genangan yang sering terjadi di RW 06 dan RW 09 Kelurahan Duren Sawit, dengan ketinggian genangan 30 - 50 sentimeter.

Menurutnya, itu terjadi karena ada penyempitan sistem aliran ke arah Utara saluran Phb Jalan Dermaga dan kawasan PT. JIEP. Oleh karena itu, pihaknya membagi dua arah aliran ke Utara dan KBT, agar tidak masuk ke permukiman warga.

“Kita menyiapkan pompa mobile di dekat lokasi tersebut," ujarnya.

Pengerjaan crorssing dilakukan dengan pemasangan box culvert perukuran 150 x 150 sentimeter di Jalan Amarta (5 meter) dan Jalan Kolonel Sugiono (16 meter). Juga dilakukan pemasangan U-Dict berukuran 120 x 120 sentimeter di Jalan Abadi (50 meter) dan saluran gendong eksisting KBT.

“Saya berharap genangan yang berada di RW 06 dan RW 09 Kelurahan Duren Sawit bisa diatasi," pungkas Puryanto. (JS)

Bagikan
Cetak

Capaian Kinerja Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Tahun 2021

Jakarta Bangkit, Wajah Baru Jakarta Tahun 2021 Dengan kolaborasi, Pemprov DKI Jakarta bangkit dari pandemi dengan mengajak seluruh warga untuk mewujudkan visi Jakarta menjadi kota maju, lestari, berbudaya dan adil bagi semua.

INFO JAKTIM

INFO JAKTIM - 22

INFO JAKTIM - 22

Baca Sekarang

INFO JAKTIM - 24

INFO JAKTIM - 24

Baca Sekarang

INFO JAKTIM - 26

INFO JAKTIM - 26

Baca Sekarang

INFO JAKTIM - 28

INFO JAKTIM - 28

Baca Sekarang

Copyright © 2022 Sudis Kominfotik Kota Administrasi Jakarta Timur. All rights reserved.