Berita

Kota Administrasi Jakarta Timur



KIP


Berita Resmi Pemkot Jakarta Timur
202

Kerja Bakti Massal Akan Digelar di Lokasi Kebakaran Kampung Gembrong


Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur akan menggelar kerja bakti massal tingkat Kota Administrasi Jakarta Timur di lokasi eks kebakaran Kampung Gembrong, Kelurahan Cipinang Besar Utara, Kecamatan Jatinegara, pada Jumat (1/7/2022). Nantinya, kerja bakti massal akan dipimpin langsung Wali Kota Administrasi Jakarta Timur, M. Anwar.

Hal itu dibahas dalam rapat koordinasi yang digelar di Ruang Pola, Lantai II Blok A, Kantor Walikota Jakarta Timur, Selasa (28/6/2022).

“Kita akan membangun kembali rumah warga yang terbakar, dan tanggal 1 Juli kita akan mulai melakukan kerja bakti sesuai komitmen kita percepatan revitalisasi kawasan Pasar Gembrong,” kata Wali Kota.

Kerja bakti massal nanti melibatkan seluruh Suku Dinas terkait, seperti Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Kota Administrasi Jakarta Timur, Satpol PP Kota Administrasi Jakarta Timur, Sukd Dinas Sumber Daya Air Kota Administrasi Jakarta Timur, dan, Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Administrasi Jakarta Timur. Selain itu, aksi ini juga melibatkan seluruh petugas PPSU wilayah Kecamatan Jatinegara.

Setelah kerja bakti, rencananya langsung akan dilakukan mapping dan penataan untuk segera dilakukan pembangunan rumah dari Baznas Bazis Kota Jakarta Timur sekaligus menata wilayah menjadi lebih menarik bersih, hijau, dan indah.

“Kami akan bangun rumah tinggal sesuai dengan program Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, baik lingkungannya, penataan kawasannya, pembinaan masyarakat, PAUD, kawasan interaktif warga, seperti taman vertikal garden dan menata tanaman disepanjang inspeksi kali,” jelasnya.

Wali Kota menyampaikan, saat ini warga yang sudah direlokasi ke rumah susun telah menerima pembekalan edukasi dan membiasakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) untuk menyesuaikan dengan tempat yang baru. Ini dilakukan agar pola pikir warga berubah lebih baik dari sebelumnya.

Sementara itu, Wakil Ketua II Bidang Distribusi dan Pendayagunaan Baznas Bazis Provinsi DKI Jakarta, Saat Suharto Amjad, mengatakan, nantinya akan dibangun sekitar 130 rumah dengan fasilitas musala, tempat belajar PAUD, dan komunitas warga, dengan konsep regenerasi kampung.

“Kelebihan - kelebihan kampung ini akan Kami lebih kuatkan dan tidak mengurangi konsep terdahulu yang menjual produk mainan. Jadi, Kami buat konsep menjadi Kampung Gembira Gembrong," ujarnya. (JS)

Bagikan
Cetak

Copyright © 2022 Sudis Kominfotik Kota Administrasi Jakarta Timur. All rights reserved.