Berita

Kota Administrasi Jakarta Timur



KIP


Berita Resmi Pemkot Jakarta Timur
133

Rawan Genangan, Saluran Jalan Kayu Putih Raya Dikeruk Petugas


Mengantisipasi banjir di musim hujan, Kelurahan Kayu Putih, Kecamatan Pulo Gadung, Jakarta Timur terus lakukan gerebek lumpur dan sampah di tiap saluran air. Hal itu, dilakukan dalam menindaklanjuti Instruksi Gubernur DKI Jakarta Nomor 52 tahun 2020 tentang Percepatan Peningkatan Sistem Pengendalian Banjir di Era Perubahan Iklim.

Lurah Kayu Putih, Artika Ristiana, mengatakan, pihaknya terus mengerahkan 8 petugas Penanganan Sarana dan Prasarana Umum (PPSU)  agar terus lakukan pemantauan pada tiap saluran air terutama pada lokasi yang rawan terjadinya genangan air sehingga harus segera diantisipasi. Kali ini, pengerukan dilakukan petugas di Jalan Kayu Putih Raya RW 16, Senin (18/1/2021).

"Kita lakukan pengerukan, sebab saat hujan deras terjadi genangan hingga 30 sentimeter," kata Artika.

Dengan menggunakan peralatan seadanya, petugas membersihkan saluran air, mengangkut sampah-sampah dan sedimen lumpur ke permukaan, untuk selanjutnya dibuang ke tempat pembuangan akhir.

"Kita terus lakukan upaya pencegahan dengan harapan dapat meminimalisir adanya genangan," paparnya.

Namun demikian, diharapkan peran kolaborasi masyarakat dalam menjaga kelestarian lingkungan dengan tujuan mewujudkan wilayah yang aman.

"Marilah kita galang bersama dalam mencegah bencana banjir disaat cuaca ekstrem. Dengan menjaga kebersihan dan keamanan lingkungan," pungkasnya. (AJ)

Foto Dok. Kelurahan Kayu Putih

Bagikan
Cetak
Copyright © 2021 Sudis Kominfotik Kota Administrasi Jakarta Timur. All rights reserved.