Berita

Kota Administrasi Jakarta Timur



KIP


Berita Resmi Pemkot Jakarta Timur
171

Pasukan Oranye Kelurahan Gedong Bersihkan Saluran Air di Jalan Waru


Untuk mencegah terjadinya genangan air saat hujan deras, petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) atau yang biasa disebut pasukan oranye membersihkan saluran air yang berada di Jalan Waru RT 011/RW 03, Kelurahan Gedong, Kecamatan Pasar Rebo, Jakarta Timur, Kamis (21/1/2021).

Lurah Gedong, Jiji Kusmawan, mengatakan, saluran air yang dibersihkan tersebut memiliki  lebar 2 meter dengan panjang 200 meter. Adapun pembersihan dilakukan karena banyaknya sampah yang mengendap dan sendimen lumpur yang sudah menebal.

"Pembersihan ini kita lakukan untuk menciptakan lingkungan yang bersih, sehingga ketika hujan deras turun saluran air dapat menampung lebih banyak debit air dan mencegah terjadinya genangan," kata Jiji.

Ia menjelaskan, untuk melakukan pembersihan saluran air di Jalan Waru RT 011/RW 03, pihaknya menerjunkan tujuh petugas pasukan oranye Kelurahan Gedong. Pengerjaan pun dilakukan secara manual dengan menggunakan Cangkul, Cangkrang, Pengki dan Karung.

"Ada sekitar 125 karung hasil pembersihan sendimen disaluran tersebut, kemudian diangkut dengan menggunakan Gerobak Motor (Germor)," tambahnya.

Jiji menambahkan, seperti kita lihat ini, masih banyak sekali terdapat sampah-sampah, hal ini menunjukkan masih rendahnya kesadaran masyarakat dalam membuang sampah pada tempatnya.

“Kedepan kami akan lebih aktif lagi mensosialisasikan kepada masyarakat, agar lebih peduli dengan kebersihan lingkungan seperti tidak membuang sampah di saluran air," pungkasnya. (MM)

Foto Dok. Kelurahan Gedong

Bagikan
Cetak
Copyright © 2021 Sudis Kominfotik Kota Administrasi Jakarta Timur. All rights reserved.