Berita

Kota Administrasi Jakarta Timur



KIP


Berita Resmi Pemkot Jakarta Timur
240

98 PPSU Kelurahan Pondok Bambu Ikut Pelatihan Pemulasaraan Jenazah


Sebanyak 98 petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) Kelurahan Pondok Bambu mengikut pelatihan pemulasaraan jenazah pasien Covid-19 di Aula Kantor Kelurahan Pondok, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur.

Kegiatan ini bekerjasama dengan petugas Puskesmas  Kecamatan Duren Sawit, dan proses pelatihan mengedepankan protokol kesehatan. Pelatihan dimulai dari penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) bagi petugas PPSU, penyucian jenazah pasien Covid-19 yang dapat dilakukan dengan metode kering atau tayamum, pengkafanan hingga salat jenazah yang baik dan benar.

Lurah Pondok Bambu, Angga Sastra Amidjaya, mengatakan, bahwa pelatihan pemulasaraan bagi petugas PPSU ini dilakukan guna mempercepat proses pemulasaraan jenazah Covid-19. Dimana, pada PPKM Darurat dan terjadinya lonjakan kasus pasien terkonfirmasi positif Covid-19.

"Intinya, kita harus saling membantu mengatasi pandemi Covid-19, salah satunya pemulasaraan jenazah. Untuk itu, kita harus menolong warga yang tengah kesulitan," katanya kepada Sudin Kominfotik Jakarta Timur di lokasi, Jumat (23/7/2021).

Dijelaskan Angga, bahwa pihaknya juga akan lakukan penjadwalan bagi petugas piket PPSU dengan kesiapsiagaan jika terjadi peristiwa yang tidak diinginkan.

"Kita lakukan penjadwalan jadi jika terjadi adanya korban, petugas PPSU siap untuk diterjunkan, semoga ini dapat bermanfaat besar bagi kebutuhan dalam mengurangi beban bagi masyarakat," paparanya.

Tak hentinya juga, Ia menegaskan kolaborasi Satgas Covid-19 di seluruh wilayahnya, agar dapat memberikan respon terhadap perkembangan di lapangan.

"Dengan adanya PPKM Darurat, Satgas Covid-19 wajib menangani warga yang terkonfirmasi positif Covid-19. Mulai dari data hingga percepatan penanganan," pungkasnya. (AJ)

Bagikan
Cetak
Copyright © 2021 Sudis Kominfotik Kota Administrasi Jakarta Timur. All rights reserved.