Berita

Kota Administrasi Jakarta Timur



KIP


Berita Resmi Pemkot Jakarta Timur
159

Pemkot Jakarta Timur Siap Wujudkan Jakarta Bebas Pungli


Kepala Inspektorat Kota Administrasi Jakarta Timur, Supendi, memimpin rapat pembahasan terkait pelaksanaan Jakarta Bebas Pungli (Pungutan Liar), khususnya di wilayah Jakarta Timur, di Posko Saber Pungli, Lantai 7 Blok A Kantor Wali Kota Jakarta Timur, Rabu (15/9/2021).

“Untuk menciptakan Jakarta Bebas Pungli dengan Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan liar (Satgas Saber Pungli) akan melombakan kota bebas pungli pada program kegiatan 2021,” ujar Supendi.

Supendi menjelaskan, terdapat setidaknya lima bidang yang harus dipenuhi Kota atau Kabupaten agar dipilih sebagai Kota atau Kabupaten bebas dari pungli. Kelima bidang itu melingkupi SDM (Sumber Daya Manusia), operasional, sarana dan prasarana, penganggaran, serta inovasi dan kreasi. Ia mengatakan, dalam rapat kali ini juga salah satunya membahas mengenai upaya pencegahan dan penindakan pungli, hal tersebut guna terciptanya Jakarta Timur Bebas Pungli.

“Mungkin akan dilakukan kegiatan pencegahan di beberapa SKPD yang ada titik-titik rawan terkait perizinan. Misalnya, seperti di PTSP (PelayananTerpadu Satu Pintu), Sudin Citata (Cipta Karya, Tata Ruang dan Pertanahan), bidang pendidikan seperti layanan perpanjangan KJP (Kartu Jakarta Pintar),” ujar Supendi. 

Ia berharap, pelaksanaan Jakarta Berbas Pungutan Liar ini bisa terlaksana dengan baik dan didukung oleh TNI/Polri dan Kejaksaan, sehingga kedepannya dapat memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat khususnya, dan umumnya semuanya yang ada di tingkat wilayah Jakarta Timur.

Ia menambahkan, rencananya, akan diadakan sosialisasi pencegahan pungli untuk sekolah, Sudin Pendidikan Wilayah 2 dan PTSP yang dilakukan secara offline dan online pada akhir September 2021.

Sementara itu, Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Timur, Kompol Indra Tarigan, mengatakan, pihak Polres Metro Jakarta Timur, khususnya Satuan Tugas Penindakan mendukung sepenuhnya terkait dengan kegiatan Saber Pungli.

“Kami sebagai Satgas Penindakan akan melakukan upaya penegakan hukum untuk membebaskan wilayah Jakarta Timur dari pungutan liar yang tidak sesuai dengan peraturan undang-undang yang berlaku,” ujar Indra. (ID)

Bagikan
Cetak
Copyright © 2021 Sudis Kominfotik Kota Administrasi Jakarta Timur. All rights reserved.