Berita

Kota Administrasi Jakarta Timur



KIP


Berita Resmi Pemkot Jakarta Timur
117

Kampung Minyak di RW 08 Kelurahan Palmeriam Diresmikan


Lingkungan tempat tinggal yang bersih, tertata, hijau, dan produktif menjadi dambaan kebanyakan masyarakat. Seperti yang terjadi di Jalan Kayu Manis Lama 1 Gang 1 RW 08 Kelurahan Palmeriam, Kecamatan Matraman, Jakarta Timur, yang kini memiliki `Kampung Minyak` (Kampung Milik Nyak Nyak).

Kampung ini terbentuk hasil kolaborasi Kelurahan Palmeriam bersama Corporate Social Responsibility (CSR) PT. Pertamina Drilling Services Indonesia (PDSI) yang dikemas dengan konsep pemberdayaan lingkungan dan pembangunan perekonomian masyarakat, melalui budidaya hidroponik dan akuaponik.

Wakil Camat Matraman, M. Husnul Fauzi, menyampaikan apresiasi terhadap kontribusi PDSI bagi pemberdayaan dan pembangunan ekonomi masyarakat di wilayah Matraman. Pada kesempatan ini bagi ibu-ibu rumah tangga yang tergabung dalam LMK (Lembaga Musyawarah Kelurahan) RW 08 Kelurahan Palmeriam.

Menurutnya, kolaborasi ini sesuai dengan harapan Gubernur DKI Jakarta melalui Instruksi Gubernur Nomor 14/2018 tentang Pelaksanaan Pertanian Perkotaan. Dimana, pemanfaatan lahan dengan penghijauan sebagai solusi dalam mewujudkan kesehatan lingkungan serta ketahanan pangan.

"Kami berterima kasih pada PDSI, keberadaan `Kampung Minyak` ini sangat bermanfaat dalam mendorong produktivitas masyarakat di sekitar, terutama dari kalangan ibu-ibu rumah tangga," katanya saat peresmian `Kampung Minyak` di RW 08 Kelurahan Palmeriam, Rabu (15/9/2021).

Ditambahkan Husnul, bahwa kehadiran PDSI pada Kampung Minyak ini merupakan jawaban dalam pembinaan kualitas kesejahteraan masyarakat. Dimulai dari penyuluhan tentang budidaya hidroponik dan akuaponik, pembuatan media tanam hidroponik dan kolam ikan akuaponik, penghijauan lingkungan, pembentukan dan kaderisasi ketahanan pangan.

Selain itu, perbaikan irigasi dan trotoar, hingga penyediaan sarana kebersihan seperti tempat sampah dan wastafel serta pemasangan pipanisasi air lingkungan.

"Ini menjadi perhatian, pembinaan dan pemeliharaan harus ditingkatkan, utamanya inovasi dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat," imbuhnya.

Sementara itu, Corporate Secretary PDSI, Rian Dhanisaputra, menjelaskan, Kampung Minyak merupakan bagian dari kegiatan CSR PDSI yang dilatarbelakangi keinginan perusahaan mendorong produktivitas masyarakat di sekitar, terutama dari kalangan ibu-ibu rumah tangga.

"Kampung Minyak ini menjadi jawaban bagi ibu-ibu rumah tangga di lingkungan RW 08, Palmeriam, yang di sela-sela tugas dan kewajiban hariannya ingin lebih produktif dan memeroleh penghasilan tambahan tersebut," ujar Rian. (AJ)

Bagikan
Cetak
Copyright © 2021 Sudis Kominfotik Kota Administrasi Jakarta Timur. All rights reserved.