Berita

Kota Administrasi Jakarta Timur



KIP


Berita Resmi Pemkot Jakarta Timur
224

Wali Kota Minta Penanganan PTSL dan Banjir di Jakarta Timur Dipercepat


Wali Kota Administrasi Jakarta Timur, M. Anwar, menekankan dua hal percepatan penanganan dalam Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil) Oktober 2021 di Ruang Serbaguna Blok C, Kantor Wali Kota Jakarta Timur, Kamis (14/10/2021). Rakorwil tersebut membahas permasalahan dan upaya penyelesaian di bidang Pemerintahan, Ekonomi Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat.

Adapun kedua masalah yang dibahas dalam rapat tersebut yaitu percepatan penanganan masalah PTSL (Pendaftaran Tanah Sertifikat Lengkap) dan banjir.

“Saya menekankan permasalahan PTSL untuk dipercepat dan permasalahannya supaya tidak terhalang. Terutama, Saya tekankan kepada Lurah agar perlu ketelitian, kehati-hatian, dan seluruh pejabat, jangan sampai bilang tidak bisa atau tidak tahu, karena masyarakat butuh pelayanan,” jelas Wali Kota.

Ia menyebutkan, terkait PTSL perlu adanya sinergi dengan BPN (Badan Pertanahan Negara) untuk mencapai kesepakatan dan pada 21 Maret 2021 sudah dibentuk kesepakatan bersama Forkopimko agar PTSL ini berjalan lancar dan baik.

Selanjutnya, masalah kedua yang dibahas dalam rapat adalah percepatan penanganan dan persiapan antisipasi banjir jelang musim hujan di wilayah Jakarta Timur.

“Kita lakukan hal-hal yang positif, seperti normalisasi, pembuatan embung, waduk seperti Waduk Munjul, Waduk Cilangkap, dan Waduk Rambutan, semuanya kita kembalikan fungsinya. Harapan kita, hulu dan hilirnya kita normalisasi termasuk Waduk JGC di awal 2021 agar tidak lagi banjir,” tambahnya.

Ia menjelaskan, untuk pengerukan waduk-waduk kini sudah mencapai 30-56 persen, seperti Waduk Munjul, Waduk Rambutan, Waduk Cilangkap, Waduk TIU dan Waduk Setu. Selain itu, akan dibuat saluran penghubung (Phb) Sulaeman pada pekan depan agar mencegah terjadinya genangan dan banjir.

“Selain itu juga antisipasinya Kami sudah melakukan apel kebersamaan, apel siaga banjir, siaga bencana bentuk posko dan pos-pos di Kelurahan-kelurahan siapa berbuat apa. Jika terjadi musibah bencana semua paham ambil tanggung jawab," pungkasnya. (JS)

Bagikan
Cetak
Copyright © 2021 Sudis Kominfotik Kota Administrasi Jakarta Timur. All rights reserved.