Berita

Kota Administrasi Jakarta Timur



KIP


Berita Resmi Pemkot Jakarta Timur
312

Kelurahan Cawang Gelar Apel Siaga Bencana Banjir


Anggota PPSU Kelurahan Cawang mengikuti apel dalam rangka siaga bencana banjir di wilayah Kelurahan Cawang , Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur. Apel tersebut digelar di Lapangan Henk Ngantung, Jalan Dewi Sartika Gang Jambu RT 007/RW 04, Jumat (22/10/2021).

Sebanyak 88 petugas PPSU Kelurahan Cawang mengikuti apel siaga bencana banjir di wilayah Kelurahan Cawang, yang apel dipimpin langsung oleh Lurah Cawang, Didik Diarjo.

“Apel siaga bencana memang merupakan arahan dari bapak Gubernur antisipasi mencegah terjadinya bencana banjir di wilayah DKI Jakarta,” ujar Didik.

Ia menyebutkan, Kelurahan Cawang merupakan salah satu wilayah banjir dan genangan terparah yang berdampak pada 12 RW, dengan 6 RW yang rawan, diantaranya RW 01, RW 02, RW 03,
RW 05, RW 08, dan RW 12, karena berdekatan dengan Kali Ciliwung.

Dalam kesiapsiagaan bencana banjir, juga dilakukan pengecekan alat-alat penanganan dan pencegahan banjir yang dibawa petugas PPSU. Seperti, cangkrang, pacul, sekop, sapu lidi, tambang, jas hujan, linggis dan karung.

“Tadi Saya juga mengingatkan untuk seluruh petugas PPSU juga agar selalu mengecek peralatan yang dibawa dan juga agar melengkapi kelengkapan-kelengkapan dalam melakukan evakuasi dan juga wajib pengurasan taki-tali saluran yang notabene lokasi yang langganan banjir dan juga kita memberikan sosialisasi kepada warga RT/RW di sekitar Kali Ciliwung antisipasi musim hujan,” jelasnya.

Ia berharap, warga mendukung upaya pencegahan bencana banjir, dengan tidak membuang sampah sembarangan, khususnya ke Kali Ciliwung. Sebab, dikhawatirkan kali akan meluap jika intensitas hujan tinggi akibat sampah yang menghambat aliran air ke saluran. (JS)

Bagikan
Cetak
Copyright © 2021 Sudis Kominfotik Kota Administrasi Jakarta Timur. All rights reserved.