Berita

Kota Administrasi Jakarta Timur



KIP


Berita Resmi Pemkot Jakarta Timur
696

Warga Kelurahan Klender Prioritaskan Pembangunan RPTRA di Musrenbang


Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tahun 2020 Kelurahan Klender mendorong salah satu lahan aset Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi DKI Jakarta milik Dinas Pemberdayaan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (PPAPP) untuk dijadikan Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA).

Asisten Perekonomian, Pembangunan dan Lingkungan Hidup Kota Administrasi Jakarta Timur, Kusmanto, mengatakan secara geografis luas wilayah Kelurahan Klender 304,90 hektare dengan jumlah penduduk sekitar 86.000 jiwa, memerlukan adanya ruang interaksi yang selama ini di inginkan warga.

“Ini terus kita dukung dan sudah beberapa kali diusulkan, kita terus dorong untuk pembangunan RPTRA di Kelurahan Klender agar terealisasi," kata Kusmanto, saat membuka Musrenbang Kelurahan Klender, Jumat (14/2/2020).

Ia mengungkapkan, seluruh usulan warga dari mulai rembuk RW, Musrenbang Kelurahan, Kecamatan hingga tingkat kota, harus sejalan dengan program Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Administrasi Jakarta Timur.

Menurut Kusmanto, dengan adanya RPTRA, generasi muda dan tua bertemu, anak-anak punya tempat bermain dan orang tua mengawasi anak sambil berinteraksi dengan tetangga.

"Diharapkan selain menumbuhkan rasa saling peduli, cara ini dinilai dapat menjadi landasan menurunkan angka kekerasan terhadap perempuan dan anak karena ruang terbuka dapat diawasi,” tandasnya.

Sementara itu, Lurah Klender, Tri Budianto mengatakan, Musrenbang Kelurahan Klender yang menjadi skala prioritas pembangunan yakni pembuatan RPTRA di tempat pemukiman padat penduduk.

Ia pun mengklaim sudah tersedia lahan milik Dinas PPAPP dengan luas lahan 1.011 meter persegi yang bisa dimanfaatkan. Saat ini pun, Kelurahan Klender belum memiliki RPTRA.

"Ya, lahan itu milik Dinas PPAPP dengan luas lahan 1.011 meter persegi yang berada di Jalan Dermaga Raya No. 27A, RT 008 / RW 016," ujar Tri.

Diketahui, Musrenbang Kelurahan Klender terdapat 147 usulan dibahas dengan jumlah anggaran sebesar Rp 71, 3 miliar. Diantaranya, 106 usulan fisik dalam pembangunan dan perbaikan infrastruktur diwilayah dan 6 usulan non fisik salah satunya berbagi pelatihan tata boga dan busana serta 35 usulan barang. (MM)

Bagikan
Cetak
Copyright © 2020 Sudis Kominfotik Kota Administrasi Jakarta Timur. All rights reserved.