Berita

Kota Administrasi Jakarta Timur



KIP


Berita Resmi Pemkot Jakarta Timur
638

Wali Kota Jakarta Timur Tinjau Pengungsian Korban Kebakaran Rawamangun


Wali Kota Administrasi Jakarta Timur, M. Anwar, meninjau lokasi pengungsian korban kebakaran pemukiman padat penduduk di kawasan Kupingan Jalan Pemuda I RT 003/RW 02 Kelurahan Rawamangun, Kecamatan Pulogadung, Jumat (10/7/2020).

Beserta jajaran, kedatangan Wali Kota bertujuan untuk melihat langsung keberadaan dan bantuan Posko Pengungsian bagi warga  yang menjadi korban kebakaran akibat tempat tinggal mereka hangus terbakar pada Kamis (9/7/2020) sore.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, sebanyak 46 bidang bangunan rumah tinggal milik warga hangus terbakar yang terdiri dari 85 KK (Kepala Keluarga) 250 jiwa. Kebakaran tersebut diduga berasal dari ledakan tabung gas elpiji dari salah satu rumah warga.

Ia pun menyampaikan rasa perihatin atas musibah yang saat ini dirasakan warganya. Dengan itu kedatanganya, selain mengecek lokasi pengungsian juga untuk menyapa dan memberikan semangat kepada warganya yang menjadi korban kebakaran.

"Atas nama pribadi dan Pemkot Jakarta Timur turut perihatin, semuanya ini pasti akan ada hikmahnya. Untuk itu agar tetap semangat menjalani kehidupan meskipun sedang diuji dengan musibah dimasa pandemi global COVID-19 saat ini," katanya kepada wartawan saat meninjau lokasi kebakaran.

Pada kesempatan ini juga Wali Kota menyerahkan secara simbolis bantuan berupa bahan pokok, pakaian, keperluan bayi hingga berbagai keperluan mandi. Ia pun menilai semua pasokan bantuan cukup aman, termasuk air bersih yang dapat mereka gunakan.

"Semoga semua bentuk bantuan ini dapat bermanfaat bagi para korban," ujarnya.

Ditambahkan Wali Kota, lokasi penampungan tetap mengacu pada protokol kesehatan selama pandemi COVID-19. Terpantau, ada empat tenda pengungsian yang telah disediakan.

"Tentunya, Kita berupaya berikan rasa aman dan nyaman bagi seluruh warga Saya yang menjadi korban kebakaran ini, empat tenda yang disediakan akan kita arahakan sesuai protokol kesehatan," imbuhnya.

Sementara itu, Lurah Rawamangun, Asianti, mengungkapkan, pihaknya memberikan apresiasi atas kesigapan para stakeholder (pemangku kepentingan) dan jajaran unit teknis Jakarta Timur dalam memperhatikan para korban kebakaran yang melanda warga RW 02 Kelurahan Rawamangun.

Alhamdulillah, kita ucapkan terima kasih jajajaran Pemkot Jakarta Timur dengan sigap dalam memberikan bantuan. Semua pasokan dan berbagai kebutuhan tersedia cukup aman, dan Kita juga akan terus lakukan sesuai arahan Pak Wali tadi, agar seluruh korban tetap terjaga terlayani termasuk mengenai protokol kesehatan COVID-19," katanya.

Syamsudin selaku Ketua RW 02 Kelurahan Rawamangun mengakui senang akan kehadiran Walikota beserta jajaran. Bersama seluruh warganya ia merasa bersyukur dan senang adanya terjun langsung pemerintah.

"Senang dan kami merasa terhibur juga bersemangat meskipun rumah kami telah hangus terbakar, semoga saja apa yang diharapkan adanya perbaikan bangunan dapat realisasilan bagi Kami," pungkas Syamsudin. (AJ)

Bagikan
Cetak
Copyright © 2020 Sudis Kominfotik Kota Administrasi Jakarta Timur. All rights reserved.