Berita

Kota Administrasi Jakarta Timur



KIP


Berita Resmi Pemkot Jakarta Timur
711

Warga RW 15 Pulo Gebang Panen Sayuran Hasil Urban Farming


Wali Kota Administrasi Jakarta Timur M. Anwar melakukan peninjauan sekaligus panen tanaman sayur di hasil urban farming RW 15 Kelurahan Pulo Gebang, Kecamatan Cakung, Minggu (12/7/2020).

Terpantau, sayuran jenis bayam, kangkung serta sawi dipanen hasil pembinaan Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur sejak menggencarkan gerakan revolusi hijau melalui urban farming di setiap RW saat memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh pada 5 Juni 2020.

"Di sini sudah menghasilkan dua kali panen sayuran. Ini sangat positif dengan mengedepankan semangat kolaborasi masyarakat,” kata Wali Kota.

Ditambahkan Wali Kota, keberhasilan panen sayuran tentunya menjadi kebanggaan dan kebahagiaan bagi masyarakat Jakarta Timur. Menurutnya, pertanian perkotaan mampu menguatkan ketahanan pangan, terlebih saat ini Jakarta masih dalam masa transisi di tengah pandemi COVID-19.

“Selain memperkuat ketahanan pangan, juga dapat menguatkan ketahanan sosial dengan adanya kegiatan yang mencerminkan gotong-royong dan kolaborasi. Mulai dari tahap penanaman, panen, hingga pembagian hasil panen,” imbuhnya.

Hal senada diungkapkan Ketua Tim Penggerak PKK Kota Jakarta Timur, Diah Anwar, bahwa di masa pandemi COVID-19 sangat penting memperhatikan tiga faktor yaitu faktor kesehatan, faktor sosial ekonomi, dan faktor keamanan. Ia pun megakui kepatuhan warga sekitar RW 15 Kelurahan Pulo Gebang ini juga terus mengedepankan protokol kesehatan. Hal itu selaras dengan hasil sayuran yang berhasil dipanen.

"Tidak hanya mewujudkan tiga faktor sosial, ekonomi hingga kemamanan pangan yang saat ini dihasilkan. Namun kedisipilinan akan kepatuhan protokol kesehatan juga terja dengan mengedepankan 3 M Menggunakan Masker, Menjaga Jarak dan Mencucui Tangan. Ini patut dipertahankan dijaga kedepanya,” pungkas Diah. (AJ)

Bagikan
Cetak
Copyright © 2020 Sudis Kominfotik Kota Administrasi Jakarta Timur. All rights reserved.