Berita

Kota Administrasi Jakarta Timur

TERPOPULER
TERPOPULER


KIP


Berita Resmi Pemkot Jakarta Timur
196

Warga RW 03 Pondok Kopi Manfaatkan JAKWIFI untuk Gali Potensi Anak


Pemasangan internet gratis oleh Pemerintah DKI Jakarta melalui program JAKWIFI disambut gembira oleh seluruh warga RW 03 Kelurahan Pondok Kopi, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur.

Tak hanya memudahkan bagi pelajar untuk Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), layanan JAKWIFI dimanfaatkan sebagai penunjang menggali potensi bagi generasi penerus bangsa. Terutama, dibidang kesenian tradisional hingga menggunakan aplikasi design grafis yang bisa diunduh dari Appstore.

Setiap harinya, dengan gagasan baru melalui Sekretariat RW 03 Kelurahan Pondok Kopi malibatkan pemuda Karang Taruna Kelurahan secara bergantian sukarela meluangkan waktu untuk mengajarkan kepada anak-anak pelajar dilingkungan.

"Jadi, bukan hanya sekedar datang untuk belajar daring saja, disini kita libatkan karanga taruna untuk membagi ilmu dengan berbagai keterampilan dengan memanfaatkan kekuatan tekhnologi," kata Sekretaris RW 03 Kelurahan Pondok Kopi, Abdul Basyir kepada Sudin Kominfotik Jakarta Timur, Jumat (20/11/2020).

Ditambahkan Basyir, kegiatan itu dilakukan tiap harinya dimulai pukul 15.30 - 17.00 WIB dengan mengedepankan protokol kesehatan 3M (Memakai Masker, Menjaga Jarak dan Mencuci Tangan) saat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Masa Transisi dalam pencegahan penularan COVID-19.

"Kita selaku pengurus juga memantau akan protokol kesehatan. JAKWIFI ini sungguh dirasakan manfaatnya bagi seluruh warganya," tambahnya.

Sementara itu, Anggota Karang Taruna Kelurahan Pondok Kopi, Yuli Kuncorowati, menjelaskan keberadaan JAKWIFI dapat menyambung semangat baru yang menjadi jalan keluar sejak pandemi COVID-19 melanda Ibu Kota.

Ia mengaku senang dapat berperan aktif membantu pemerintah dalam membangun karakter pemuda bangsa dengan memanfaatkan berbagai keterampilan kesenian hingga berbagai pengetahuan yang bisa diakses dari akun media sosial YouTube.

"Selain kita bantu belajar mengerjakan tugas sekolah, di sini kita mengangkat semangat adik-adik kita untuk mengetahui berbagai keterampilan seni. Terutama tarian Betawi, kita ajak mereka dan tadi kita coba tarian ondel-ondel," paparnya.

Fawwaz Afifudin, pelajar SD warga RW 03 Kelurahan Pondok Kopi, mengaku senang adanya belajar bersama secara daring menggunakan internet gratis, selain bisa berinteraksi bersama teman teman juga banyak ilmu yang didapat dari kakak karang taruna.

"Senang dong, ini bisa belajar bersama dan banyak pengetahuan yang sebelumnya kurang kita tahu," ujar Fawwaz. (AJ)

Bagikan
Cetak
Copyright © 2020 Sudis Kominfotik Kota Administrasi Jakarta Timur. All rights reserved.