Berita

Kota Administrasi Jakarta Timur



KIP


Berita Resmi Pemkot Jakarta Timur
233

Pemkot Jaktim Bersama Pengembang Bahas Pemenuhan Kewajiban Fasos dan Fasum


Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur menggelar rapat koordinasi membahas pemenuhan kewajiban fasilitas sosial (fasos) dan fasilitas umum (fasum) dari para pengembang yang merupakan pemegang saham.

Rapat tersebut dihadiri oleh para pemegang saham SIPPT/IPPT/IPPR (Surat Izin Penunjukan Penggunaan Tanah) di Ruang Pola Lantai II Blok A, Kantor Walikota Jakarta Timur, Kamis (3/12/2020).

“Yang diundang ada 20 pemegang saham, tapi yang bisa hadir hanya 9 (pemegang saham),” ujar Wali Kota Administrasi Jakarta Timur, M. Anwar.

Berdasarkan temuan BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) Republik Indonesia Tahun 2016-2019 terdapat penambahan 29 pemegang saham SIPPT/IPPT/PPR menjadi 285 dari 256 pemegang saham.

Adapun upaya penagihan yang dilakukan dengan cara verifikasi dan identifikasi masalah, sosialisasi bersama pemegang saham, rapat koordinasi dan asistensi, membuat surat penagihan, peninjauan lapangan dan melakukan BAST (Berita Acara Serah Terima).

Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia (KPK RI) yang diwakili Satuan Tugas (Satgas) Koordinasi Pencegahan Wilayah II, Dwi Aprilia Linda, mengatakan penertiban PSU (Prasarana, Sarana dan Utilitas) merupakan salah satu bentuk aset daerah, karena sebagai aset daerah agar nantinya masyarakat bisa mendapatkan fasilitas dan prasarana yang berkualitas dari Pemerintah Daerah.

“Ini merupakan salah satu pendampingan KPK dari 8 area intervensi. Ini merupakan salah satunya yaitu manajemen aset daerah,” ujar Dwi.

Dalam penertiban PSU, Pemkot Jakarta Timur melibatkan Badan Pertanahan Negara (BPN) Kota Jakarta Timur untuk mengetahui apa saja kendalanya. Dari kendala yang ditemukan, Pemkot Jakarta Timur mendorong agar serah terima aset tidak berlarut-larut dan menimbulkan masalah.

Dari rapat koordinasi ini, Pemkot Jakarta Timur mengimbau kepada seluruh pengembang perumahan, khususnya yang ada di DKI Jakarta untuk segera menindaklanjuti undangan dari Pemkot Jakarta Timur terkait kewajiban yang harus diserahkan ke Pemerintah Daerah. (ID/DL/SF)

Bagikan
Cetak
Copyright © 2021 Sudis Kominfotik Kota Administrasi Jakarta Timur. All rights reserved.