Berita

Kota Administrasi Jakarta Timur



KIP


Berita Resmi Pemkot Jakarta Timur
325

Kelurahan Munjul Gelar Aksi Kebersihan Minggu Pagi di Area Situ Munjul


Dalam rangka menciptakan lingkungan yang bersih dan nyaman serta mengedukasi masyarakat untuk hidup sehat, jajaran Kelurahan Munjul menggelar kegiatan Aksi Kebersihan Minggu Pagi (AKMP) di Situ Munjul Jalan Wijaya Kusuma, Kelurahan Munjul, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur, Minggu (24/1/2021) pagi.

Tercatat, sebanyak 30 personel gabungan yang terdiri dari petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU), Suku Dinas SDA (Sumber Daya Air), Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota, Suku Dinas Lingkungan Hidup, Ketua RW 04 dan 05, Kader PKK, Dasawisma serta warga bersama-sama melakukan pembersihan di area sekitar Situ Munjul yang mempunyai luas sekitar 5 hektar.

"Proses pembersihan Situ Munjul kita lakukan secara manual menggunakan peralatan sederhana, seperti cangkul, linggis, golok, parang, gergaji mesin, sapu lidi dan sejumlah peralatan lainnya," kata Lurah Munjul, Sumarjono saat dihubungi tim Sudin Kominfotik Jakarta Timur.

Ia menjelaskan, kegiatan kerja bakti juga dilakukan untuk mengantisipasi genangan saat hujan deras. Jika kondisi sekitar Situ bersih, daya tampung air akan lebih baik dan aliran air menjadi lancar. Sebab, Situ Munjul ini terkoneksi dengan Waduk Cilangkap dan Embung Bulan Sabit di area Agro Wisata Cilangkap.

"Jika Situ Munjul ini difungsikan, maka bisa mengurangi banjir di wilayah Cilangkap, Setu, Lubang Buaya, Cipayung dan Kelurahan Bambu Apus,” katanya.

Ditambahkan Sumarjono, dalam kerja bakti ini para personel gabungan dibagi tugas untuk menebang tanaman liar, memotong rumput dan membersihkan sampah yang ada di area Situ. Selain itu, dirinya menegaskan, agar seluruh warga dapat menjaga kebersihan lingkungan sekitar. Terutama, buanglah sampah pada tempatnya. (MM)

Foto Dok. Kelurahan Munjul

Bagikan
Cetak
Copyright © 2021 Sudis Kominfotik Kota Administrasi Jakarta Timur. All rights reserved.