Berita

Kota Administrasi Jakarta Timur



KIP


Berita Resmi Pemkot Jakarta Timur
262

Tingkatkan Budaya Baca saat Pandemi, Pemkot Jakarta Timur Hadirkan IKRA


Ketua Tim Penggerak PKK Kota Administrasi Jakarta Timur, Diah Anwar membuka kegiatan  Inisiatif Keluarga Ringkas Aksara (IKRA) di Halaman Kantor Kelurahan Cakung Barat, Selasa (2/3/2021).

IKRA tersebut merupakan salah satu Kegiatan Strategis Daerah (KSD) Gubernur DKI Jakarta di bawah binaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) DKI Jakarta yang berkolaborasi bersama kader PKK berbasis pada tingkatan keluarga sebagai alternatif kegiatan produktif di rumah yang berlangsung sejak Maret 2020 lalu.

Hadir mendampingi Ketua Tim Penggerak PKK yaitu, Kepala Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kita Administrasi Jakarta Timur Eka Nuretika Putra, Wakil Camat Kecamatan Cakung, Chandra, Plt. Lurah Cakung Barat, Daniel.

Diah mengapresiasi adanya kegiatan IKRA yang dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman di masyarakat, khususnya dalam menggali informasi secara cerdas oleh keluarga.

"Masa pandemi ini kita terus berupaya melakukan pemberdayaan masyarakat dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan membudayakan kegemaran membaca," kata Diah.

Dijelaskan Diah, IKRA merupakan kegiatan literasi dengan tujuan menjadi kegiatan alternatif positif masyarakat terutama di masa pandemi seperti saat ini. IKRA diciptakan guna memudahkan akses masyarakat terhadap buku-buku bacaan serta menumbuhkan partisipasi masyarakat DKI Jakarta khususnya Jakarta Timur untuk mendukung kota Jakarta sebagai kota literasi dan berbudaya baca.

"Berbudaya membaca buku dalam bentuk fisik tetap kita gaungkan dan lestarikan, utamanya pada generasi penerus bangsa," imbuhnya.

Kepala Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Administrasi Jakarta Timur, Eka Nuretika Putra, mengatakan, terdapat 20 kelurahan yang menjadi contoh gerakan IKRA yang melibatkan penggiat masyarakat baca di Jakarta Timur. Salah satunya, pada komunitas baca `Bale Buku` yang tersebar di 4 RW di Kelurahan Cakung Barat.

Adapun, sistem pelaksanaanya dibagi dalam empat triwulan setiap kelurahan. Pihaknya, juga menyalurkan beragam buku disalurkan dalam kegiatan IKRA, diantaranya buku pendidikan, agama, pelajaran, cerita anak-anak, fiksi, dan lain-lain.

"Kami menyalurkan sekitar 200 buku di masing-masing kelurahan yang nantinya akan dikelola oleh pihak kelurahan akan menyalurkan lagi ke RW dan RT di wilayah masing-masing," ujar Eka.

Sementara itu, Aji Naidi Muhammad Zein, salah satu Koordinator Balai Buku RW 08 Kelurahan Cakung Barat mengaku senang adanya inovasi pemerintah dalam memberikan ruang literasi bagi warganya. Di masa pandemi saat ini bukan penghalang untuk terus membaca.

"Kita sudah lakukan gerakan IKRA ini, dan Alhamdulillah sudah berjalan baik. Antuasias masyarakat hingga generasi pun bersama kolaborasi meningkatkan minat baca dan dongeng bagi anak anak dirumah," ujar Aji. (AJ)

 

Bagikan
Cetak
Copyright © 2021 Sudis Kominfotik Kota Administrasi Jakarta Timur. All rights reserved.