Berita

Kota Administrasi Jakarta Timur



KIP


Berita Resmi Pemkot Jakarta Timur
198

Kadis Sosial DKI Jakarta Resmikan Kampung Siaga Bencana di Ciracas


Kepala Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta, Premi Lasari, meresmikan Kampung Siaga Bencana (KSB) di Kelurahan Ciracas, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur, Senin (12/4/2021).

Dalam kesempatan yang sama, dilakukan penyematan Rompi Kampung Siaga Bencana kepada petugas Kampung Siaga Bencana Kelurahan Ciracas, dan pemberian Surat Keterangan (SK) Dinas Sosial untuk menjalankan tugas sebagai petugas KSB Kelurahan Ciracas.

Turut hadir mendampingi Kepala Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta, Kepala Suku Dinas Sosial Kota Administrasi Jakarta Timur, Purwono, Camat Ciracas, Mamad, dan Lurah Ciracas, Rikia Marwan Salahudin.

“Kampung Siaga ini adalah bentuk partisipasi masyarakat terhadap antisipasi terjadinya bencana di wilayah Kelurahan Ciracas. Dimana pengurus Kampung siaga Bencana adalah warga Kelurahan Ciracas, yang perduli kepada warga sekitar yang mengalami korban bencana alam,” kata Premi.

Ia menjelaskan, Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta memfasilitasi Kampung Siaga Bencana ini, dengan menyediakan sarana dan prasarana yang dibutuhkan. Selain itu, jika terjadi bencana maka Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta, melalui Suku Dinas Sosial Jakarta Timur, akan memberikan bantuan natura (bantuan non tunai) untuk dikelola menjadi makanan untuk para pengungsi korban bencana.

"Intinya ini kolaborasi bersama antara Pemerintah dan masyarakat untuk secara bersama bersinergi menangani jika terjadi bencana di wilayah Provinsi DKI Jakarta," tutupnya.

Sementara itu, Kepala Suku Dinas Sosial Kota Administrasi Jakarta Timur, Purwono, mengatakan, saat ini Kampung Siaga Bencana di Jakarta Timur jumlah ada 19 lokasi.

“Kita di Jakarta Timur ada 32 titik bencana di wilayah Jakarta Timur dan kedepannya akan kita bentuk Kampung Siaga Bencana di titik rawan tersebut,” ujar Purwono.

Pihaknya pun menyediakan sarana dan prasarana bencana berupa peralatan dapur umum dan makanan siap saji bagi warga terdampak bencana alam. (JS)

Bagikan
Cetak
Copyright © 2021 Sudis Kominfotik Kota Administrasi Jakarta Timur. All rights reserved.