Berita

Kota Administrasi Jakarta Timur



KIP


Berita Resmi Pemkot Jakarta Timur
145

Pemkot Jakarta Timur Targetkan ZIS Tahun 2021 Sebesar Rp34,2 Miliar


Wali Kota Administrasi Jakarta Timur, M. Anwar, memimpin rapat koordinasi evaluasi Zakat Infaq Shodaqoh (ZIS) tahun 2020 dan target tahun 2021, sekaligus memberikan penghargaan bagi pengumpul ZIS terbanyak tahun 2020, di Ruang Serbaguna Blok C, Kantor Wali Kota Jakarta Timur, Senin (12/4/2021).

Adapun penghargaan diberikan kepada Kelurahan Duren Sawit, Kelurahan Penggulingan, dan Kelurahan Jatinegara. Ketiga tersebut merupakan pemgumpul ZIS terbanyak tingkat Kota Administrasi Jakarta Timur, yang diberikan langsung oleh Wali Kota Administrasi Jakarta Timur, M. Anwar.

Anwar mengatakan rapat tersebut telah membahas hasil capaian ZIS tahun 2020 yang dimana ditargetkan Rp21 miliar berhasil terkumpul Rp23,3 miliar.

“Meski di tengah pandemi Covid-19, atas kerja keras masih bisa meraih prestasi yang membanggakan,” ungkap Anwar.

Kemudian Anwar menyampaikan untuk tahun 2021 jajaran Baznas Bazis Kota Jakarta Timur telah menargetkan Rp34,2 miliar.

“Tahun ini kita mendapat tantangan yang lebih besar, dapat target Rp34 miliar lebih, ini tidak mudah kalau kita tidak melakukan evaluasi dan sebagainya, upaya apapun kita lakukan, karena targetnya nambah 40 perseh dari tahun lalu,” jelasnya.

Anwar menjelaskan, ZIS tersebut sangat bermanfaat, karena menurutnya di Jakarta Timur sendiri memiliki penduduk yang banyak dan beberapa bencana terjadi di Jakarta Timur, dengan Baznas Bazis Kota Jakarta Timur tersebut diharapkan bantuan-bantuan dapat tersalurkan bagi masyarakat yang mengalami bencana atau kesulitan dari ZIS yang dikumpulkan melalui Aparatur Sipil Negara (ASN) dari Tunjangan Kinerja Daerah (TKD) sebesar 2,5 persen dan bantuan pihak swasta hingga mandiri.

“Kita semua (ASN) berkomitmen dari TKD-ya mau pejabat tidak pejabat tetap kita potong 2,5 persen setiap bulannya dan upaya lain pendekatan dengan pengusaha dan sebagainya, dengan tujuan membantu masayarakat yang kurang mampu, dhuafa, dan sebagainya,” tandasnya.

Ia berharap capaian ZIS tahun ini dapat tercapai dan bermanfaat bagi masyarakat sehingga masyarakat dapat merasakan manfaat ZIS tersebut.

Sementara Eka Nafisa, selaku Plt. Baznas Bazis Jakarta Timur, berharap capaian target tersebut dapat tercapai, karena tahun sebelumnya Baznas Bazis juga berhasil melampaui bahkan melebihi target.

Eka menambahkan untuk melampaui target ZIS tahun ini jajarannya telah membuka gerai-gerai ZIS yang disediakan di mal-mal Jakarta Timur.

“Untuk strategi baru Kami telah bekerjasama untuk membuka gerai seperti di Arion, Tip top Rawamangun, Tip top Pondok Bambu, Cibubur Junction, dan City Plaza Jatinegara,” pungkasnya. (AD)

Bagikan
Cetak
Copyright © 2021 Sudis Kominfotik Kota Administrasi Jakarta Timur. All rights reserved.