Berita

Kota Administrasi Jakarta Timur



KIP


Berita Resmi Pemkot Jakarta Timur
210

Bedah Kampung di Kampung Melayu Sudah Mencapai 95 Persen


Wali Kota Administrasi Jakarta Timur, M. Anwar, menyebutkan, progress `Bedah Kampung Bersama` di RT 013/RW 04 Kelurahan Kampung Melayu, Kecamatan Jatinegara, sudah hampir rampung. Hal itu disampaikan dalam Rapat Monitoring dan Evaluasi Program `Bedah Kampung Bersama` di Ruang Pola, Blok A Lantai II, Kantor Wali Kota Jakarta Timur, Senin (14/6/2021).

Ia menyampaikan, pengerjaan bedah kampung tersebut waktunya sudah sesuai dan nantinya akan diresmikan pada 22 Juni 2021 yang rencananya dilakukan oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

“Saya kira kalau fisiknya sudah 95 persen, tinggal lingkungannya seperti sumur resapan, drainase, APAR (Alat Pemadam Api Ringan), vertikal garden, dan lain-lainnya. Saya kira ini sudah sesuai timeline (ketepatan waktu),” tandasnya.

Ia menyebutkan, saat ini sedang dilakukan penataan lingkungan setiap UKPD (Unit Kerja Perangkat Daerah). Diantaranya, pembuatan sumur resapan dan penutupan selokan oleh Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Kota Administrasi Jakarta Timur, bio septic tank dan water tank oleh PD. Paljaya, dan penempatan tempat sampah oleh Suku Dinas Lingkungan Hidup Kota Administrasi Jakarta Timur.

Selain itu juga dilakukan pemasangan wifi oleh Suku Dinas Kominfotik Kota Administrasi Jakarta Timur, penataan taman oleh Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Administrasi Jakarta Timur dan mural oleh Suku Dinas Kebudayaan Kota Administrasi Jakarta Timur.

“Kita siapkan, termasuk semua UKPD, Baznas hanya menyiapkan untuk pembangunan rumah, tapi lingkungannya semua UKPD punya andil yang sama, tanggung jawab yang sama, agar dalam 1 minggu ini Saya minta dalam 1 minggu ini sudah dilakukan hal-hal yang baik di lokasi tersebut,” pungkas Anwar.

Ia berharap, setelah rampungnya Bedah Kampung Bersama tersebut, warga setempat dapat merawat dan dapat menerapkan pola hidup yang bersih.

“Harapannya setelah dibedah kampungnya orangnya juga mindset-nya (pola pikir) juga berubah,” ungkapnya.

Kepala Baznas Bazis Provinsi DKI Jakarta, Lutfi Fatullah, mengatakan, ada 44 rumah yang telah direnovasi dalam program Bedah Kampung Bersama tersebut, dengan mengeluarkan anggaran sebesar Rp2 miliar.

“Ini yang terbaik untuk kampung tersebut, nanti Kita lanjutkan di kawasan lain yang membutuhkan,” tuturnya. (AD)

Bagikan
Cetak
Copyright © 2021 Sudis Kominfotik Kota Administrasi Jakarta Timur. All rights reserved.