Berita

Kota Administrasi Jakarta Timur



KIP


Berita Resmi Pemkot Jakarta Timur
305

Pulang Liburan, Satu Keluarga Positif Covid-19 Dibawa ke Wisma Atlet


Sebanyak 7 dari 10 orang dalam satu keluarga terkonfirmasi positif Covid-19 di RW 03 Kelurahan Setu, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur, dijemput oleh petugas Satgas Covid-19 Kelurahan ke Wisma Atlet menggunakan bus sekolah, Senin (14/6/2021) siang. Sementara, 3 orang lainnya yang sudah bergejala telah lebih dulu dilarikan ke RS Adhyaksa.

Sebelumnya, satu keluarga yang terpapar Covid-19 tersebut baru pulang liburan dari Bali ini enggan dirujuk ke Wisma Atlet dan memilih isolasi mandiri di rumah. Warga setempat pun menolak keluarga tersebut menjalani isolasi mandiri di rumah karena khawatir ikut terpapar dan melaporkan ke Satgas Covid-19 setempat.

Salah satu warga setempat, Dian Pratiwi, mengatakan, Puskesmas Kelurahan Setu mengatakan semua anggota keluarga tersebut setelah dites swab PCR hasilnya positif dan disarankan menjalani isolasi mandiri di rumah. Selama masa isolasi mandiri pun, keluarga tersebut mendapatkan bantuan dari warga sekitar.

“Tapi mereka masih menerima tamu dan suka keluar malam. Jadi, warga sekitar rumah melapor ke RT, dan diteruskan ke Lurah untuk ditinjau dokter. Tadi baru mau dijemput, sebelumnya enggak mau, kita pun resah, dibawa ke Wisma Atlet saja,” kata Dian.

Sementara itu, Lurah Setu, Jenuri, mengatakan, pihaknya berkoordinasi dengan petugas Puskesmas dan kelurahan untuk melakukan penjemputan menggunakan bus sekolah.

“Di lingkungannya merasa kurang nyaman. Kita lakukan negosiasi dengan keluarga yang awalnya tidak mau, akhirnya mau dibawa ke Wisma Atlet," jelas Jenuri.

Ia menjelaskan, setelah mengetahui keluarga tersebut terpapar Covid-19 sepulang berlibur, pihaknya sudah melakukan lockdown mikro. Selanjutnya, petugas juga melakukan penyemprotan disinfektan di rumah keluarga tersebut. (JS)

Foto Dok. Kelurahan Setu

Bagikan
Cetak
Copyright © 2021 Sudis Kominfotik Kota Administrasi Jakarta Timur. All rights reserved.