Berita

Kota Administrasi Jakarta Timur



KIP


Berita Resmi Pemkot Jakarta Timur
580

`PeKiK JKT`, Aplikasi Penjualan Hasil Binaan JakPreneur Siap Diluncurkan


Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat Suku Dinas Pemberdayaan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (Sudin PPAPP) Kota Administrasi Jakarta Timur, Togi Duma, membuka rapat koordinasi Peluncuran Pemasaran Digital Aplikasi Marketplace `PeKiK JKT` di Ruang Pola Lantai II Blok A, Kantor Wali Kota Jakarta Timur,  Selasa, (21/9/2021).

Peluncuran Pemasaran Digital Aplikasi Marketplace `PeKiK JKT` akan diselenggarakan pada 28 September 2021 yang berkolaborasi dengan Bank DKI dan PT. Connexist Indonesia. Peluncuran ini juga melibatkan Unit Perangkat Kerja Daerah (UKPD) Kota Administrasi Jakarta Timur yang akan diadakan secara virtual nanti.

PeKiK JKT merupakan salah satu aplikasi marketplace (pasar) dikhususkan untuk pelaku usaha yang telah bergabung menjadi binaan JakPreneur, yakni pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Bagi pelaku usaha yang ingin mendaftarkan usahanya melalui aplikasi PeKiK JKT dapat diunduh melalui Apple Store, bagi pengguna ponsel berbasis IOS dan Google Play Store, sedangkan bagi pengguna ponsel berbasis Android dapat menyertakan nomor ponsel dan KTP, selanjutnya pelaku UMKM dapat melakukan transaksi seperti pemesanan dan penjualan.

Togi mengatakan tujuan adanya aplikasi PeKiK JKT ini adalah untuk mensejahterakan para pelaku UMKM yang berada di Jakarta Timur. Menurutnya nama dari aplikasi PeKiK JKT terdapat unsur dari PKK (Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga) yang selama ini selalu bersinergi dan bermitra dengan Sudin PPAPP.

"PeKiK mempunyai arti teriakan atau semangat. Semangat bagi para pelaku UMKM di masa pandemi. Karena mereka kesulitan dalam melakukan penjualan produknya, maka dengan ini kita fasilitasi pelaku UMKM dengan aplikasi kekinian agar memudahkan mereka dalam menjual hasil produknya," jelas Togi.

Ia menyebutkan, transaksi dalam penggunaan pasar PeKiK JKT ini dibantu oleh Bank DKI. Sementara itu, pembelian dapat dilakukan di toko resmi (official store) yang menyediakan bahan baku murah seperti sembako dari PT. Food Station dan PT. Dharma Jaya.

"Dengan adanya aplikasi ini diharapakan pelaku usaha dapat merasakan hasil penjualannya," katanya.

Marketing PT. Connexist Indonesia, Agriminta Tarigan, mengaku bangga dapat berkolaborasi dengan Sudin PPAPP Kota Administrasi Jakarta Timur, dalam membuat aplikasi PeKiK JKT. Baginya, aplikasi ini dibuat untuk ditujukan dan diberikan kepada masyarakat terutama para pelaku UMKM agar dapat berjualan atau berinteraksi dengan pelangggan secara daring.

"Memang ini adalah aplikasi marketplace yang Kami persembahkan untuk para pelaku UMKM di Jakarta Timur," katanya.

Ia menjelaskan, bentuk aplikasi ini terdiri dari penjual dan pembeli yang dipertemukan dalam satu fitur utama, dimana pelaku UMKM dengan pelaku bisnis atau industri yang menyuplai barang-barang mentah atau bahan-bahan untuk produksi bagi para pelaku UMKM.

"Saya berharap bagi para pelaku UMKM di Jakarta Timur dapat bergabung dalam aplikasi PeKiK JKT ini," pungkasnya. (SW)

Bagikan
Cetak
Copyright © 2021 Sudis Kominfotik Kota Administrasi Jakarta Timur. All rights reserved.