Berita

Kota Administrasi Jakarta Timur



KIP


Berita Resmi Pemkot Jakarta Timur
3782

Lebih Praktis, Wali Kota Minta ASN Dan Masyarakat Jaktim Lapor Pajak Tahunan Melalui E-Filing


Wali Kota Jakarta Timur M. Anwar meminta para Aparat Sipil Negara (ASN) untuk menyampaikan Surat Pemberitahuan (SPT) pajak tahunan kepada masyarakat,  dan untuk mempercepat pelaporannya dengan menggunakan sistem e-filing atau pelaporan pajak online. Dengan e-filing adalah cara pelaporan pajak yang mudah dan praktis karena dilakukan secara online atau  digitalisasi elektronik.

Hal tersebut diungkapkan setelah membuka kegiatan sosialisasi Peningkatan Kepatuhan Bendahara dan Pelaporan Pajak Melalui E-Filing di Ruang Serbaguna Blok C Kantor Wali Kota Kota Administrasi Jakarta Timur, Rabu (13/2/2019).

 “Tujuan kegiatan ini adalah sosialisasi kepada masyarakat tentang peningkatan pelayanan melalui elektronik. Tentunya pelayanan ini memudahkan akses kepada masyarakat. Tidak perlu antre atau datang ke kantor pajak cukup meng-klik menggunakan akses internet, e-filing sudah selesai,” kata Anwar.

Kegiatan tersebut dilakukan berdasarkan Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor Per/02/PJ/2019 Tentang Tata Cara Penyampaian, Penerimaan dan Pengolahan Surat Pemberitahuan Tahunan Pajak Penghasilan Wajib Pajak Orang Pribadi oleh Aparatur Sipil Negara/Anggota Tentara Nasional Indonesia/Kepolisian Republik Indonesia melalui e-filing.

Masyarakat atau wajib pajak cukup mengakses situs DPJ Online milik Direktorat Jenderal Pajak. Selain itu, wajib pajak juga harus memiliki EFIN (Electronic Filing Identification Number) atau nomor identitas elektronik untuk melakukan e-filing.

Dalam sosialisasi tersebut, Wali Kota Jakarta Timur M. Anwar didampingi oleh Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Jakarta Timur Arfan. Hadir pula jajaran lainnya yaitu Kepala Bidang Penyuluhan Pelayanan & Hubungan Masyarakat Kantor Wilayah Direktorat Pajak (Kanwil DJP) Jakarta Timur Liberti Pandiangan dan Kepala Bidang Data & Pengawasan Potensi Perpajakan Kanwil DJP Jakarta Timur Ahmad Rudi Hartono dan Kepala Suku Badan Pengelola Keuangan Jakarta Timur Iwan Kurniawan.

“Saya sampaikan kepada para bendahara pada sosialisasi hari ini, tanyakan sejelas-jelasnya. Jangan sampai ketika meng-input SPT pajak tidak mengerti atau tidak paham dan tidak tahu, akhirnya akan menghambat semua pelayanan. Dan kita tidak perlu mengantre ke kantor pajak, karena kita cukup meng-klik di komputer kita bisa melaporkan secara cepat,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Jakarta Timur Arfan mengatakan, pihaknya akan membuka pusat sosialisasi Pojok Pajak di kantor Wali Kota Jakarta Timur. Adapun sosialisasi dibuka secara bertahap pada 13 dan 14 Febuari 2019, mulai dari para bendahara kelurahan dan kecamatan hingga Suku Dinas dan Suku Badan wilayah di Jakarta Timur.

"Ini kesempatan yang baik, kami berterima kasih kepada Wali Kota Jakarta Timur sangat menyambut dengan baik. Dimulai dari kita sebagai ASN atau pejabat pemerintahan sebagai contoh. Sekarang Pojok Pajak kita buka untuk aparat, tapi kedepan kami sampaikan ke Pak Wali buat sosialisasi ke masyarakat dengan menumpang atau bekerjasama tempat,” kata Arfan.

Bagikan
Cetak
Copyright © 2021 Sudis Kominfotik Kota Administrasi Jakarta Timur. All rights reserved.