Berita

Kota Administrasi Jakarta Timur



KIP


Berita Resmi Pemkot Jakarta Timur
4852

Gubernur DKI Resmikan Gerai Sembako Murah Untuk Buruh Di Cakung


Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan meresmikan gerai sembako murah untuk buruh yang masuk dalam Sekretariat Federasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Logam Elektronik dan Mesin (LEM) di Jalan P. Komarudin, Kelurahan Cakung Barat, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur, Selasa (26/2/2019).

Gerai tersebut diresmikan guna memberikan kebutuhan bahan pokok dengan harga lebih murah yang diperuntukkan bagi pemegang Kartu Pekerja DKI dan Kartu Jakarta Pintar (KJP) untuk meningkatkan kesejahteraan terhadap buruh.

Adapun bahan pokok yang ada di gerai sembako murah dijual dengan harga beragam. Diantaranya yaitu daging sapi Rp 35.000 per kilogram, daging kerbau Rp 30.000,- per kilogram, daging ayam Rp 8.000,- per-kilogram dan ikan kembung Rp 13.000,- per kilogram (isi 6-7 ekor). Selain itu dijual pula telur ayam Rp 10.000,- per-nampan (isi 15 butir), beras kualitas premium Rp 30.000,- per 5 kilogram dan susu UHT Rp 30.000,- per-karton (24 pack).  

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur DKI Jakarta didampingi oleh Wali Kota Administrasi Jakarta Timur M. Anwar, Kepala Biro Perekonomian Provinsi DKI Jakarta Sri Haryati dan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi DKI Jakarta Andriyansyah, serta Direktur Utama PD Pasar Jaya Arief Nasrudin.

Dalam sambutanya, Gubernur mengatakan gerai sembako murah ini merupakan  hasil buah kerja sama dari serikat pekerja LEM bersama Pemprov DKI.  Nantinya, stok di gerai ini akan diisi oleh PD Pasar Jaya.

“Ini sebuah peristiwa yang sangat bersejarah. Karena ini pertama kalinya kita membuka gerai bersama-sama dengan teman-teman serikat pekerja,” kata Anies.

Anies menjelaskan, setiap pekerja bisa berbelanja di gerai ini dengan menggunakan Kartu Pekerja DKI agar mendapat potongan harga yang mencapai 50 persen dari harga normal.  Pemilik Kartu Jakarta Pintar juga dapat akan mendapatkan diskon.

“Para pekerja yang memegang kartu pekerja yang memegang KJP dan program-program subsidi lainnya. Mereka bisa mendapatkan kebutuhan pokok dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan harga pasar,” paparnya.

Sementara itu, Direktur Utama PD Pasar Jaya Arief Nasrudin mengatakan, beberapa kebutuhan yang mendapatkan subsidi antara lain beras, daging, telur, hingga ikan.

”Daging sapi kalau di pasar harga rata-rata Rp 120.000,- saat ini. Buruh dengan  kartu pekerja dan KJP bisa ambil barang daging di tempat kita Rp 35.000,- Demikian juga dengan telur yang harganya cuma Rp 10.000,- ,” kata Arief.

Bagikan
Cetak
Copyright © 2021 Sudis Kominfotik Kota Administrasi Jakarta Timur. All rights reserved.