Berita

Kota Administrasi Jakarta Timur



KIP


Berita Resmi Pemkot Jakarta Timur
4992

90 Wirausaha Jaktim `Unjuk Gigi` Pamerkan Aneka Produk IKM Kreatif


Puluhan wirausaha baru binaan Suku Dinas Perindustrian dan Energi (PE) Kota Administrasi Jakarta Timur `unjuk gigi` dengan tajuk Gelar Produk Industri Kecil Menengah (IKM) Kreatif 2019 gelombang ke-2. Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Walikota Kota Administrasi Jakarta Timur M. Anwar di Lantai Dasar Blok D Walikota, Selasa (29/10/2019).

Gelaran Produk IKM gelombang ke-2 yang diikuti sebanyak 90 wirausaha tersebut digelar selama empat hari terhitung tanggal 29 Oktober - 1 November 2019 mengusung tema  Menjadikan IKM DKI Jakarta Yang Inovatif, Kreatif dan Mandiri (JAK-IKM). Ini merupakan wadah dalam memberikan ruang bagi wirausaha untuk memasarkan produk yang beragam, mulai dari kuliner, fesyen dan kerajinan tangan.

Dalam sambutanya, Walikota mengatakan, kegiatan pameran ini merupakan salah satu bentuk nyata dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang peduli terhadap para pelaku usaha IKM.

Dalam kegiatan ini, pelaku IKM dipersilakan untuk memasarkan produknya lewat sarana yang telah diberikan Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur sebagai ajang untuk pengembangan jaringan dan kewirausahaan terpadu.

“Di kegiatan ini memberikan peluang bagi pelaku IKM untuk memperkenalkan, meningkatkan dan mengembangkan produk kreatif baru mereka yang berdaya saing tinggi. Sehingga mampu menciptakan peluang kerja untuk masyarakat,” kata Walikota.

Ia pun mengapresiasi atas kebersihan gelaran produk IKM Kreatif 2019 pertama yang mampu menghasilkan pendapatan hingga ratusan juta rupiah.

“Saya mengapresiasi sekali ya. Artinya, gelaran ini cukup berhasil baik dimulai dari pembinaan pembuatan, kemasan hingga pemasaranya. Nah, kalo perlu kita tinggikan target hingga 300 jutaan," tambahnya.

IKM Kreatif 2019

Sementara itu, dijelaskan Kepala Suku Dinas Perindustrian dan Energi Kota Administrasi Jakarta Timur Nurhidayat, mengatakan bahwa pihaknya optimistis mempertahankan capaian target penjualan dari semua pelaku IKM binaanya.

“Kedepan, kita juga akan menggandeng pihak swasta berkolaborasi dalam membantu pemasaran berbagai produk dari binaan kami. Sehingga ke depannya diharapkan mampu meningkatkan roda perekonomian di masyarakat," ujar Nurhidayat.

Lisa, warga Kelurahan Pulogebang, salah satu pelaku IKM Kreatif mengatakan,  komoditi kerajinan tangan binaan Suku Dinas Perindustrian dan Energi (SDPE) Kota Administrasi Jakarta Timur mengaku senang adanya gelaran produk IKM Kreatif 2019.

“Kami senang dengan apa hasil karya yang kami buat ditempat ini langsung bernilai ekonomi. Jadi senang sekali. Kami bersyukur dan berterima kasih atas pemerintah terutama DPE yang telah membentuk dari upaya pembinaan hingga pemasaranya," pungkas Lisa.

Bagikan
Cetak
Copyright © 2021 Sudis Kominfotik Kota Administrasi Jakarta Timur. All rights reserved.