Berita

Kota Administrasi Jakarta Timur



KIP


Berita Resmi Pemkot Jakarta Timur
334

RW 09 Kelurahan Cawang Gelar Sosialisasi Budidaya Ikan Dalam Ember


Kelompok Milenial Asabri bersama dengan Ketua RW 09 Kelurahan Cawang menggelar Sosialisasi Urban Farming Budidaya Ikan Dalam Ember (Budikdamber) yang digelar di Madrasah Al-Hidayah RT 09/RW 009 Kelurahan Cawang, Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur, Minggu (1/11/2020). Program

Budikdamber sendiri merupakan salah satu solusi pangan masa depan yang bisa dikembangkan di lahan terbatas untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat, terutama di masa pandemi COVID-19. Selain bertujuan untuk ketahanan pangan, urban farming juga dapat menguatkan rasa kebersamaan dan menciptakan budaya gotong royong dalam lingkungan masyarakat.

Sosialisasi ini di hadiri oleh PIC Budikdamber Program Ekonomi, Clara Arabella dan tim, Ketua RW 09, Makin Hidayat, Ketua RT 001-010, dan peserta Budikdamber.

Lurah Cawang, Didik Budiarjo, mengatakan, ini adalah salah satu bentuk cara dalam melaksanakan ketahanan pangan di wilayah Kelurahan Cawang serta meningkatkan kreatifitas warga dalam masa pandemi COVID-19 diisi dengan kegiatan yang bermanfaat.

"Jangan karena COVID-19 semua hal terhalang, malah pandemi ini dijadikan motivasi untuk lebih dapat melakukan cara dalam peningkatan ekonomi dan menambahkan kebutuhan pangan dalam kehidupan sehari-hari. Saya inginkan seluruh RW melakukan hal yang sama, agar warga Cawang sejahtera, " ujar Didik.

Sementara itu, PIC Budikdamber Program Ekonomi, Clara Arabella, mengatakan, pihaknya menargetkan 50 peserta dalam program Budikdamber. Para peserta akan menerima paket Budikdamber yang terdiri dari ember, benih ikan, benih sayur dan peralatan pendukung lainnya.

"Saat ini baru 30 peserta dan langsung Kami distribusikan paket Budikdamber dan Kami sosialisasikan. Untuk saat ini yang kami distribusikan adalah embernya saja dikarenankan kita butuh air endapan selama 24 jam dan besok akan Kami distribusikan benih ikannya," jelas Clara.

Ia menyebutkan, pihaknya juga akan selalu memantau setiap minggunya terkait peningkatan atau permasalahan dengan proses Budikdamber ini. (JS)

Foto Dok. Kelurahan Cawang

Bagikan
Cetak
Copyright © 2021 Sudis Kominfotik Kota Administrasi Jakarta Timur. All rights reserved.