Berita

Kota Administrasi Jakarta Timur



KIP


Berita Resmi Pemkot Jakarta Timur
449

PKK Jakarta Timur Olah Minyak Jelantah dan Lidah Buaya Jadi Sabun


Tim Penggerak PKK Kota Jakarta Timur menggelar pelatihan pembuatan sabun dari minyak jelantah dengan lidah buaya di Kantor Sekretariat Tim Penggerak PKK Kota Jakarta Timur, Selasa (29/12/2020).

Pelatihan pembuatan sabun ini menjadi salah satu kegiatan Tim Penggerak PKK Kota Jakarta Timur di masa pandemi COVID-19 untuk meningkatkan ketahanan pangan keluarga, dengan memanfaatkan kumpulan minyak jelantah dan hasil panen lidah buaya.

Alhamdulillah hari ini Tim Penggerak PKK Kota Jakarta Timur mendapatkan kesempatan dari finalis Ibu Ibu Kota Award 2019 dengan nominasi pengrajin yang telah membantu membuat sabun dengan minyak jelantah ini,” kata Ketua Tim Penggerak PKK Kota Jakarta Timur, Diah Anwar.

Diah menyebutkan, nantinya Tim Penggerak PKK Kota Jakarta Timur akan mengajak kader PKK Kecamatan, PKK Kelurahan dan Dasawisma, untuk membuat sabun dari minyak jelantah dan lidah buaya. Adapun hasil dari pelatihan ini dapat menjadi ketahanan pangan bagi keluarga di saat pandemi.

“Sabun dari minyak jelantah ini menghasilkan sabun yang bisa digunakan sebagai handsoap (sabun cuci tangan), sabun mandi dan sabun pencuci muka. Mudah-mudahan dengan adanya pelatihan ini para kader-kader di wilayah bisa menjadi pengrajin yang bisa menghasilkan uang,” kata Diah.

Ia berharap, wilayah Jakarta Timur dapat menjadi bersih dan ramah lingkungan karena hasil pembuangan air tersebut bagus untuk penyuburan tanaman dan mendongkrak ekonomi warga di masa pandemi.

Sementara itu, Mentor Pelatihan Sabun (Finalis Ibu Ibu Kota Award tahun 2019) Cefi Mawarti Setyaningrum, menambahkan, hasil pelatihan ini dapat mendongkrak ekonomi dan ketahanan pangan keluarga di masa pandemi COVID-19. Adapun dalam pelatihan kali ini fokus pada pembuatan sabun cair, sabun padat dan lilin.

Alhamdulillah hari ini Saya bisa membantu mensosialisasikan pembuatan sabun dari minyak jelantah kepada Tim Penggerak PKK Kota Jakarta Timur, karena kita tahu pembuatan sabun dari bahan minyak jelantah ini sangat berguna sekali untuk rumah tangga,” kata Cefi. (VS)

Bagikan
Cetak
Copyright © 2021 Sudis Kominfotik Kota Administrasi Jakarta Timur. All rights reserved.