Berita

Kota Administrasi Jakarta Timur



KIP


Berita Resmi Pemkot Jakarta Timur
384

20 Kader PKK Kecamatan Ciracas Ikuti Pelatihan Pengolahan Minyak Jelantah


Dalam rangka meningkatkan perekonomian keluarga di tengah masa pandemi COVID-19, PKK Kecamatan Ciracas menggelar Pelatihan Pembuatan Sabun dari Minyak Jelantah di Aula Kantor Kecamatan Ciracas, Selasa (19/1/2021).

Kegiatan ini diikuti oleh 20 kader PKK se-Kecamatan Ciracas yang berasal dari Pokja 3 Kecamatan, Pokja 3 Kelurahan, dan RPTRA di wilayah Kecamatan Ciracas. Adapun kegiatan ini bertujuan untuk menambah data inovasi di wilayah Kecamatan Ciracas, terkait Lomba Posyandu Tingkat Nasional untuk mewakili Jakarta Timur dan Provinsi DKI Jakarta.

Pelatihan Pembuatan Sabun dari Minyak Jelantah ini dipantau langsung oleh Ibu Asisten Kesejahteraan Rakyat Kota Administrasi Jakarta Timur, Euis Alawi dan Camat Ciracas, Mamad, yang didampingi Ketua Pokja 3 PKK Kota Jakarta Timur, Hasnah dan Ketua PKK Kecamatan Ciracas, Nuning Suciatiningsih.

“Kita tahu selama ini minyak jelantah mungkin sudah biasa membuang minyak tersebut, dan kita sekarang merubah persepsi tersebut karena mencemari lingkungan, jadi kita buat inovasi rubah perilaku warga,” kata Mamad.

Ia menyebutkan, program pelatihan ini dilakukan melalui program Sedekah Minyak Jelantah yang sudah dilakukan selama sebulan laluyang didukung oleh seluruh Kelurahan di wilayah Kecamatan Ciracas. Dalam program tersebut juga menggandeng CSR (Corporate Social Responsibility) dari Yayasan T-Care dan Yayasan Rmah Foto.

“Karena ada pelatihan sabun ini saya menyambuta baik kegiatan ini sehingga warga dapat menambah keahliannya di masa pandemi COVID-19, dengan bahan yang kita punya di rumah," ujarnya.

Mamad berharap, pengelola RT dan RW terus membimbing warganya untuk mengumpulkan minyak jelantah. Nantinya, hasil minyak jelantah yang dikumpulkan menghasilkan nilai ekonomi sendiri.

“Saya optimis Lomba Posyandu Tingkat Nasional mendapatkan hasil yang terbaik," tambahnya.

Sementara itu, Pelatih Pembuatan Sabun dari Minyak Jelantah, Cefi Mawarti Setia Ningrum, mengatakan, dalam pelatihan kali ini mengolah limbah rumah tangga berupa minyak jelantah menjadi sabun padat, sabun cair dan lilin. Ia menyebutkan, hasil pengolahan miyak jelantah menjadi sabun dan lilin dijual seharga Rp3.000-5.000/buah.

“Hasil dari pelatihan ini dapat menambah penghasilan bagi ibu-ibu rumah tangga, yang tadinya minyak jelantah tidak ada harganya kita olah menjadi bernilai ekonomi,” ujar Cefi. (JS)

Bagikan
Cetak
Copyright © 2021 Sudis Kominfotik Kota Administrasi Jakarta Timur. All rights reserved.