Berita

Kota Administrasi Jakarta Timur



KIP


Berita Resmi Pemkot Jakarta Timur
297

Warga Kelurahan Cibubur Ikuti Pelatihan Buat Sabun dari Minyak Jelantah


Masih banyaknya warga yang kurang memahami penggunaan minyak goreng secara maksimal, membuat pengurus PKK (Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga) Kelurahan Cibubur menggelar pelatihan pembuatan sabun ramah lingkungan (saboring) dan lilin dengan menggunakan bahan dasar minyak jelantah di Aula lantai 3, Kantor Kelurahan Cibubur, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur.

Ketua Tim Penggerak PKK Kelurahan Cibubur, Sukma Dewini, mengatakan, biasanya sisa minyak goreng yang telah digunakan langsung dibuang ke lingkungan sekitar rumah tanpa melalui proses pengolahan terlebih dahulu. Untuk itu, pihaknya mengundang perwakilan dari RW 05, RW 09 dan RW 13 untuk mengikuti pelatihan pembuatan sabun dan lilin dengan bahan minyak jelantah.

"Saat ini kita melakukan pelatihan untuk 3 RW dulu sebagai percontohan, kedepannya akan kita sosialisasi kembali ke 14 RW yang ada di Kelurahan Cibubur," kata Sukma, Jumat (22/01/2021).

Ia menjelaskan, sabun ramah lingkungan ini hasil pembuangan airnya bisa dipakai untuk menyiram tanaman. Jadi saboring ini betul-betul ramah lingkungan dan aman digunakan.

"Diharapkan pelatihan pembuatan sabun dari minyak jelantah ini dapat meningkatkan nilai ekonomis limbah rumah tangga, khususnya minyak goreng bekas dan mengurangi pembuangan limbah rumah tangga secara langsung ke lingkungan," jelasnya.

Dirinya mengingatkan untuk tetap menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dalam kehidupan sehari-hari, serta disiplin 3M (Memakai masker, Menjaga jarak dan Mencuci tangan) untuk mencegah penularan Coronavirus Disease 2019 (COVID-19). (MM)

Foto Dok. PKK Kelurahan Cibubur

Bagikan
Cetak
Copyright © 2021 Sudis Kominfotik Kota Administrasi Jakarta Timur. All rights reserved.