Berita

Kota Administrasi Jakarta Timur



KIP


Berita Resmi Pemkot Jakarta Timur
315

118 Kg Sampah Rumah Tangga Terkumpul di RW 13 Cibubur


Warga RW 013 Kelurahan Cibubur, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur, melakukan penimbangan hasil pengumpulan sampah rumah tangga di Bank Sampah Pelita, Rabu (27/1/2021).

Berdasarkan pantauan tim Sudin Kominfotik Jakarta Timur di lokasi, warga RW 13 berdatangan membawa sampah rumah tangga.  Mereka terlihat membawa beragam sampah seperti botol plastik bekas, kertas, kardus dan lain-lain.

Maryati, Sekretaris Bank Sampah Pelita RW 13, menjelaskan, dari 118 kilogram sampah rumah tangga yang ditimbang hari ini, terkumpul dari 14 warga.

Ia menyebutkan, pada 2020 Bank Sampah Pelita berhasil mengumpulkan 310 kilogram sampah senilai Rp250.000, sedangkan Januari 2021 dengan tiga kali penimbangan berhasil mencapai 120 kilogram.

“Perbandingannya cukup drastis dibandingkan tahun lalu, warga lebih antusias dan bersemangat dibandingkan tahun lalu," kata Maryati.

Maryati menambahkan, karena adanya sosialisasi dari Suku Dinas Lingkungan Hidup Kota Administrasi Jakarta Timur, warga menjadi lebih mengerti, dan meningkatkan semangat dalam mengumpulkan sampah yang dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah.

"Sekarang sampah lebih rapih sudah dipilah sehingga menjadikan hasil lebih maksimal, dibandingkan tahun lalu warga hanya membawa sampah tetapi belum dipilah dan jika ditimbang menjadi lebih sedikit nilai rupiah yang didapatkan,” jelasnya.

Ia menyebutkan, tidak semua warga mengambil hasil rupiah dari Bank Sampah Pelita. Oleh sebab itu, dana dialihkan warga untuk dibelikan pupuk dan biaya air untuk penyiraman Toga (Tanaman Obat Keluarga) di Bank Sampah Pelita.

“Diharapkan Bank Sampah Pelita dapat mengurangi sampah rumah tangga yang dikirim ke TPS Bantar Gebang, juga dapat meningkatkan perekonomian warga agar lebih sejahtera," pungkasnya. (JS)

Bagikan
Cetak
Copyright © 2021 Sudis Kominfotik Kota Administrasi Jakarta Timur. All rights reserved.