Berita

Kota Administrasi Jakarta Timur



KIP


Berita Resmi Pemkot Jakarta Timur
263

Warga Kelurahan Jatinegara Rasakan Manfaat Pengumpulan Jelantah


Warga RW 06 Kelurahan Jatinegara, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur, merasakan manfaat dari pengumpulan dari jelantah. Hal ini disampaikan oleh Sustiana selaku Ketua RT 009/RW 06 Kelurahan Jatinegara sekaligus Ketua pengumpul jelantah di RW 06 Kelurahan Jatinegara.

Ia menjelaskan, setelah ditimbang pada 8 Juni 2021, pengumpulan jelantah telah menghasilkan Rp16.936.500 dari 2.323 liter minyak jelantah yang telah dikumpulkan sejak bulan Januari.

“Kami sudah 4 kali menimbang hasil pengumpulan jelantah dari bulan Januari,”ujarnya, saat dikonfirmasi, Rabu (9/6/2021).

Sustiana mengatakan, hasil dari penukaran jelantah tersebut bekerjasama dengan Suku Dinas Lingkungan Hidup Kota Administrasi Jakarta Timur untuk dijual ke PT. Delta.

Adapun hasil penukaran jelantah 40 persen diberikan kepada 39 kader pengumpul minyak jelantah yang terdiri dari Dasawisma dan kader Jumantik. Selanjutnya, 60 persen disedekahkan kepada anak yatim piatu, dhuafa, fakir, dan lansia yang tidak mampu di Kelurahan Jatinegara.

“Jadi hasilnya sesuai kesepakatan bersama, kita bagi 60:40 persen, 60 untuk disedekahkan dan 40 persennya untuk para kader yang mengumpulkan,” tuturnya.

Sustiana juga menyampaikan manfaat lain dari pengumpulan minyak jelantah tersebut dapat dirasakan dari lingkungan. Ia mengatakan, pada tahun sebelumnya lingkungan rumahnya selalu mengalami banjir atau saluran yang tersumbat yang mengakibatkan adanya genangan.

Namun setelah ada gerakan pengumpulan jelantah tersebut, lingkungannya tahun ini tidak mengalami banjir ataupun saluran tersumbat.

“Mudah-mudahan tidak banjir, mungkin karena sudah tidak ada lagi yang membuang jelantah, sekarang juga Saya merasakan lingkungan juga bersih,” tandasnya. (AD)
 
Foto Dok. Kelurahan Jatinegara

Bagikan
Cetak
Copyright © 2021 Sudis Kominfotik Kota Administrasi Jakarta Timur. All rights reserved.