Wakil Walikota Jaktim Optimis Hasil Bulan Dana PMI Capai Target

Wakil Walikota Jakarta Timur H. Husein Murad mengaku optimis hasil pelaksanaan Bulan Dana Palang Merah Indonesia (PMI) 2014-2015 akan mencapai target. Hasil data terakhir yang masuk, dari target Rp 5,9 milyar dana yang terkumpul telah mencapai Rp 4,3 milyar atau 73 persen.

“Saya optimis Jakarta Timur dapat mencapai target dan kembali meriah predikat sebagai pengumpul tertinggi pelaksanaan bulan dana Palang Merah Indonesia (PMI) se-Provinsi DKI Jakarta,” kata Wakil Walikota, saat memimpin monitoring pelaksanaan Bulan Dana PMI di Ruang Pola Kantor Walikota Jakarta Timur, Selasa (6/1).

Menurut Husein, Bulan Dana PMI bukanlah hal yang baru karena telah rutin dilaksananakan tiap tahun, sehingga seluruh unit kerja telah memiliki kiat-kiat dan cara tersendiri dalam pengumpulan dana PMI. Walaupun batas akhir pengumpulan tinggal 10 hari lagi, namun dirinya merasa yakin target yang telah ditetapkan untuk wilayah Jakarta Timur dapat tercapai.
“Penutupan Bulan Dana PMI tanggal 17 Januari, saya harap sebelum tanggal 15 Januari unit-unit sudah menyetorkan hasil penjualan kupon PMI,” ujar Husein.

Menurut Husein, hasil pengumpulan Bulan Dana PMI selama ini sangat bermanfaat untuk operasional PMI Jakarta Timur dalam penanggulangan bencana dan masalah-masalah sosial. Terlebih Jakarta Timur merupakan kawasan yang rawan terjadi bencana banjir, sehingga membutuhkan dana yang tidak sedikit untuk membantu para korban.

“PMI Jakarta Timur merupakan motor terdepan saat terjadi bencana banjir, maka hasil pengumpulan bulan dana PMI tersebut sangat bermanfaat untuk menangani pengungsi banjir,” kata Husein.

Sementara itu Ketua PMI Jakarta Timur H. Kusnoto mengungkapkan, kupon Bulan Dana PMI yang beredar di Jakarta Timur mencapai Rp. 5.918.750.000. Hasil print out dana yang disetorkan ke rekening Bank DKI hingga tanggal 5 Januari 2015 tercatat sebanyak Rp 4.333.058.000 atau 73 persen.

Menurut Kusnoto, dana yang masuk ke rekening panitia di Bank DKI No. Rekening 503-11-00799-7 terus bergerak naik, karena masih banyak dana yang telah terkumpul belum disetorkan oleh para unit-unit pelaksana. Menurutnya, sudah cukup banyak instansi pelaksana yang telah 100 persen menyetorkan hasil pengumpulan Bulan Dana PMI.

“Kami berharap pada monitoring terkahir pada tanggal 15 Januari mendatang, seluruh instansi sudah setorkan hasil penjualan kupon Bulan Dana PMI,” kata Kusnoto. (Rodin Daulat/Kominfomas JT)