Tanaman Hidroponik Dikembangkan Di Rusunawa Jatinegara Kaum

Tanaman hidroponik akan dikembangkan di lingkungan rumah susun yang ada di wilayah Jakarta Timur. Salah satunya di Rusunawa Jatinegara Kaum, Kelurahan Jatinegara Kaum, Kecamatan Pukogadung.

“Tanaman hidroponik akan dikembangkan di Rusunawa untuk meningkatkan perekonomian warga,” kata Camat Pulogadung Ahmad Hariyadi, saat  Launching Komunitas Hidroponik Jatinegara Kaum (Komik Jaka) di Rusunawa Jatinegara Kaum, Rabu (23/12).

Tidak hanya di lingkungan Rusunawa, tanaman hidroponik juga akan dikembangkan di wilayah Kecamatan Pulogadung. “Namun memang yang prioritas di Rusunawa Jatinegara Kaum, karena mudah dalam koordinasi dan komunikasinya,” tutur Hariyadi

Beberapa tanaman hidroponik yang ditanam oleh Komik Jaka diantaranya selada, pacoy,  bayam, kangkung, dan sawi. “Semua tanaman itu akan kami perjualbelikan dan bisa dikonsumsi pribadi anggota Komik Jaka,” ujar Hariyadi.

Menurut Hariyadi, akibat keterbatasan lahan yang ada di wilayah Kecamatan Pulogadung, maka tanaman hidroponik menjadi salah satu alternatif dalam mengembangkan pertanian perkotaan. “Harapannya dengan adanya Komunitas Hidroponik, para anggota dan masyarakat yang ikut Kelompok tani bisa menambah pendapatan, terpenuhi kebutuhan hidupnya dan terpenuhi kebutuhan makanannya,” tutup Hariyadi.

Pembentukan komunitas hidroponik di Rusunawa Jatinegara Kaum sendiri bekerjasama  dengan Rumah Zakat (RZ). “Kegiatan ini untuk membantu kesejahteraan para penghuni Rusunawa Jatinegara Kaum,” ujar manager Rumah Zakat Reby.

Selain kerjasama tanaman hidroponik, pihaknya  juga membantu di bidang kesehatan, pendidikan dan menyediakan ambulance. “Buat penghuni rusunawa jika membutuhkan ambulance akan diberikan secara gratis,” ujar Reby.

Menurut Reby, program tersebut untuk membantu masyarakat kurang mampu dan membutuhkan bantuan. “Target kita memang penghuni rusun karena banyaknya rusun di DKI Jakarta dan agar mudah terkoordinir data orangnya,” kata Reby. (Jonathan/Kominfomas JT)