Inovasi `Afatar Cakung` Wakili DKI Jakarta ke Tingkat Nasional

Puskesmas Kecamatan Cakung, Jakarta Timur melalui Tim Kesehatan Lingkungan mengeluarkan inovasi Afatar Cakung sebagai upaya mewujudkan fasilitas air minum yang sehat dan mandiri dengan sasara Depo Air Minum Isi Ulang (DAMIU). Afatar Cakung dari Tim Sanitarian Puskesmas Kecamatan Cakung meraih Juara I Gugus Kendali Mutu dalam Konvensi Mutu Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta Tahun 2021 dan mewakili DKI Jakarta ke tingkat Nasional.

Inovasi tersebut menitikberatkan pada peningkatan kualitas air minum isi ulang, agar sesuai standar kesehatan dan laik dikonsumsi, demi meningkatkan kesehatan masyarakat. Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat Kota Administrasi Jakarta Timur, Achmad Salahudin mengatakan bahwa, keberadaan Afatar Cakung sebagai fasilitator dalam memonitoring secara kualitas dari setiap depot per triwulan tiap tahunnya.

"Afatar juga terus melakukan pembinaan, sehingga dapat memastikan kondisi depo dan air yang dihasilkan, agar tetap terjamin keamanannya bagi konsumen," katanya saat dikonfirmasi, Jumat (5/11/2021).

Kepala Puskesmas Kecamatan Cakung, Junaidah, menyambut baik adanya program inovasi Afatar Cakung yang mengedepankan kolaborasi dari lintas sektor. Dari kemenangan ini, Ia berharap hal serupa dapat dikembangkan untuk wilayah lainnya, baik di Jakarta Timur maupun DKI Jakarta.

“Kami mengapresiasi dan mendukung, sehingga masyarakat mendapatakan kebutuhan air minum yang sehat dan dapat tercegah dari berbagai bakteri yang dapat menyebabkan penyakit diare, gizi buruk hingga stunting dan lainnya,” jelas Junaidah.

Sementara itu, Ketua Tim Afatar Kecamatan Cakung, Abdul Husein, mangaku bersyukur program inovasi Afatar Cakung sebagai pengawas sarana air minum isi ulang telah menjadi perwakilan Provinsi DKI Jakarta ke tingkat Nasional.

Menurutnya, di DKI Jakarta depo air minum isi ulang terbanyak berada di Kecamatan Cakung dengan total 282 DAMIU. Ini juga yang melatarbelakangi dalam meningkatkan capaian kinerja pada indikator program kesehatan lingkungan, khsusunya pada kulaitas mutu air minum.

“Terima kasih atas dukungan lintas sektor, inovasi Afatar ini berkomitmen dalam memberikan rasa aman terhadap kesehatan masyarakat dalam mengkonsumsi air minum,” kata Abdul.

Eko, pengelola Damisiu Water, salah satu DAMIU di wilayah Cakung, memberikan dukungan atas program Afatar Cakung ini. Ia menilai dengan pengecekan berkala, utamanya air sebagai kebutuhan dasar semua orang.

"Bagus ya, tentunya ini dapat memberikan percayaa bagi konsumen. Kita mendukung," pungkasnya. (AJ)