Wagub Buka Olimpiade Sains Kuark Di Kantor Walikota Jaktim

Wakil Gubernur (Wagub) Provinsi DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat membuka Olimpiade Sains Kuark (OSK) di halaman Kantor Walikota Jakarta Timur, Sabtu (20/2). Kegiatan yang bertujuan untuk mengasah kemampuan berliterasi sains ini, diikuti sebanyak 4.700 pelajar tingkat sekolah dasar (SD) dari seluruh wilayah di Provinsi DKI Jakarta.

Wagub mengatakan, jumlah peserta OSK tahun  ini meningkat dibanding tahun 2015 lalu yang hanya 3.000 peserta. "Tahun ini, Alhamdulillah peserta OSK meningkat, dari yang tadinya 3.000 peserta sekarang sudah 4.700 peserta, tandanya sudah banyak generasi penerus yang teraangsang  dalam sains kuart ini," kata Djarot dalam sambutannya.

Djarot menambahkan, kedepan dirinya berharap jumlah peserta lebih banyak lagi. Untuk itu dirnya minta pada Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta agar memberikan pelatihan  dan teknik pada guru agar lebih paham dalam memberikan ilmu sains pada siswanya.

"Selama ini mempelajari sains dianggap menakutkan dan menyulitkan. Padahal ini sangat menyenangkan, karena menyangkut dengan kehidupan kita sehari-hari," ujarnya.

Kendati demikian, agar menciptakan semakin banyak anak Jakarta cinta sains, Pemprov DKI Jakarta bersama tokoh pendidikan Yohanes Surya dan Wardiman Djojonegoro, menggelar diklat bagi guru sains di sekolah dasar.

"Targetnya, konotasi ilmu sains menyeramkan itu tidak ada lagi di benak anak-anak sekolah dasar. Guru IPA harus dididik ilmu sains lebih dalam lagi. Perlu menggunakan sarana prasarana sebagai media penghantar, agar siswa senang dan cepat menyerapnya," tandasnya. (Ajid/Kominfomas JT)