HBKB Jakarta Timur Akan Kembali Digelar 22 Mei 2022

Sekretaris Kota Administrasi Jakarta Timur, Fredy Setiawan, memimpin rapat perencanaan pelaksanaan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB), di Ruang Rapat IV, Kantor Wali Kota Jakarta Timur, Rabu (18/5/2022).

“Untuk di Jakarta Timur, pelaksanaan HBKB akan mulai kembali dilaksanakan pada Hari Minggu Pekan ke-4 setiap bulannya. Untuk bulan ini jatuh pada tanggal 22 Mei 2022,” tutur Fredy.

Ia menjelaskan, dalam pelaksanaan HBKB tersebut akan dilakukan penutupan jalan di sepanjang Jalan Pemuda, Kecamatan Pulo Gadung, pukul 06.00-10.00 WIB.

Namun, Ia menyampaikan, HBKB tersebut akan dilakukan pengukuran kualitas udara dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, sehingga tidak ada aktivitas lainnya seperti stan, senam, hingga pertunjukan budaya.

Kegiatan olahraga yang dapat dilakukan oleh masyarakat pada HBKB tersebut bersifat mandiri, seperti jogging, jalan kaki, bersepeda, dan lainnya yang bersifat tidak berkelompok. Fredy  menyampaikan, nantinya juga dikerahkan petugas untuk menjaga kerumunan guna menerapkan protokol kesehatan, mengingat masih dalam suasana pandemi Covid 19.

“Karena ini mulai awal, setelah 2 tahun Kita tidak melaksanakan HBKB, ini sebagai sarana untuk mensosialisasikan kembali, bahwa HBKB akan kembali diterapkan di wilayah Jakarta Timur, dalam rangka mengurangi tingkat polusi,” ujar Fredy. (AD)