Festival Kesehatan Ibu dan Anak Digelar di Puskesmas Cililitan

Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat (Asminra) Kota Administrasi Jakarta Timur, Achmad Salahuddin, membuka gelaran Festival Kesehatan Ibu dan Anak di Puskesmas Kelurahan Cililitan, Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur, Selasa (2/8/2022).

Hadir mendampingi Achmad, Kepala Suku Dinas Kesehatan, Kota Jakarta Timur, Niken, Kepala Suku Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Jakarta Timur, Suyoto, Camat Kramat Jati, Rudy Syahrul, Lurah Cililitan, Sukariya dan Kepala Puskesmas Kecamatan Kramat Jati, Inda Mutiara.

Festival Kesehatan Ibu dan Anak digelar dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional 2022 yang dirangkai dengan kick off  Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN), talkshow kesehatan dalam pencegahan penyakit Hepatitis B pada ibu dan anak, ASI eksklusif, kelas edukasi eksklusif, IVA test hingga KB.

Tak hanya itu, kegiatan juga dirangkai dengan lomba anak, skrining dan edukasi gigi anak, posyandu balita, pemberian vitamin A dan obat cacing, dongeng anak ceria, pameran kesehatan dan vaksinasi COVID 19 serta booster tahap dua bagi tenaga kesehatan.

“Dengan kegiatan ini diharapkan mampu memacu dan memicu kegiatan kesehatan yang ada diwilayah dimulai dari RT/RW hingga Kelurahan. Dimana Pemerintah Kota Jakarta Timur sangat intens dalam pelayanan dasar kesehatan bagi seluruh warganya,” kata Achmad Salahuddin.

Dalam kesempatan itu, Achmad Salahuddin menyampaikan apresiasi kepada Puskesmas Kecamatan Kramat Jati yang telah menginisiasi festival kesehatan ibu dan anak dalam menyukseskan BIAN dan Peringatan Hari Anak Nasional, serta peringatan Hari Hepatitis Sedunia. Kegiatan ini dianggap jadi momentum penting dalam menggalang kepedulian dan meningkatkan komitmen bersama dari seluruh pihak stakeholder dalam kesehatan anak dan ibu.

“Harapan kita bersama, kegiatan ini dapat terus berjalan dan diikuti oleh wilayah lainnya sesuai dengan visi Provinsi DKI Jakarta yaitu Jakarta maju lestari dan berbudaya yang warganya terlibat dalam mewujudkan keberadaban keadilan dan kesejahteraan bagi semua,” tandasnya. (AJ)