Wali Kota Jakarta Timur Buka Festival Mooncake di Sedayu City Cakung

Wali Kota Administrasi Jakarta Timur, M. Anwar, membuka Festival Mooncake (kue bulan), yang digelar Perhimpunan Indonesia Tionghoa (PINTI), di Old Shanghai, Jalan Sedayu City, Kelurahan Cakung Barat, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur, Sabtu (10/9/2022).

Festival Mooncake akan berlangsung 10-11 September. Menyajikan pentas seni budaya Betawi Tionghoa dan Gorontalo, serta bazar Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dengan budaya Tionghoa yang aman, berkembang, dan berkolaborasi budaya Nusantara.

Wali Kota menyampaikan, apresiasinya kepada PINTI yang telah menyelenggarakan Festival Mooncake. Kegiatan tersebut, diakuinya, mempererat silaturahmi serta mempertahankan etnis dan budaya, apalagi Jakarta memiliki multi etnis dan budaya yang harus dipertahankan kebhinekaannya.

Adanya bazaar UMKM di festival ini, diungkapkan Wali Kota, salah satu upaya dalam memulihkan perekonomian di tengah pandemi Covid 19.

“Harapannya yang jelas, perekonomian kita akan bergulir lebih baik setelah terpuruk dengan adanya pandemi Covid. Kedua, dengan adanya kenaikan BBM, diharapkan masyarakat dapat merasakan kegiatan ini untuk meningkatkan ekonomi mereka (masyarakat), karena memang pemerintah mengadakan bazar-bazar festival seperti ini, saya sendiri sebagai Wali Kota, salah satu program Kami Jakarta Timur adalah meningkatkan perekonomian masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) Fadel Muhammad menambahkan, dengan adanya Festival Moncake menyatukan semua dalam Bhineka Tunggal Ika, dengan beragam budaya yang ada di Jakarta. Di sisi lain juga meningkatkan ekonomi, terutama dengan hadirnya bazar UMKM.

“Pak Wali Kota Jakarta Timur sangat mendorong hal-hal seperti ini. Kami dari MPR sangat mengapresiasi kegiatan ini,” tuturnya. (AD)