2.000 Calon Jamaah Asal Jaktim Ikuti Bimbingan Manasik Haji

Sebanyak 700 calon jamaah haji dari Kecamatan Duren Sawit, Makasar dan Matraman, mengikuti bimbingan manasik haji massal, di Ruang Serba Guna Blok C Kantor Walikota Jakarta Timur, Sabtu (14/5). Mereka bagian dari 2.000 calon jamaah haji asal Jakarta Timur yang tersebar di 10 kecamatan.

Kegiatan Bimbingan Manasik Haji Massal Tahun 1437 H/2016 M  tahap pertama tersebut, dibuka Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi DKI Jakarta Purwanto. Hadir pada kesempatan ini  Kepala Bagian Pendidikan dan Mental Spiritual Kota Administrasi Jakarta Timur Aceng Zaini  dan pejabat lainnya.

Purwanto mengatakan, Bimbingan Manasik Haji Massal Tahun 1437 H/2016 M  di bagi dalam tiga tahap. Tahap pertama, diikuti tiga kecamatan yaitu Kecamatan Duren Sawit, Makasar dan Matraman, serta tahap kedua diikuti calom jamaah haji dari Kecamatan Kramatjati, Pasar Rebo, Ciracas dan Cipayung.

“Tahap ketiga akan dilakukan di Asrama Haji Pondok Gede, dengan peserta dari Kecamatan Pulogadung, Cakung dan Jatinengara ,” kata Purwanto saat di wawancara.

Menurut Purwanto kegiatan bimbingan manasik haji massal ini bertujuan untuk mewujudkan kemandirian jamaah haji dalam melaksanakan ibadah Haji di tanah suci guna menjadi haji yang mabrur.  “Para calon Jamaah Haji sebagai tamu Allah harus mengikuti manasik dan arahan dari petugas haji. Mereka akan terus mendampingi para calon jamaah haji mulai dari Asrama Haji Pondok Gede sampai di Arab Saudi hingga sampai  ke Tanah Air serta menuju tempat tinggalnya masing-masing.

Dalam kesempatan tersebut Purwanto mengucapkan selamat atas para calon jemaha haji yang telah diberikan kesempatan oleh Allah tahun ini untuk pergi menunaikan rukun Islam ke lima. “Hendaknya mulai saat ini para calon jamaah haji untuk mulai menata niat ibadah haji karena Allah dan selalu bersyukur karena telah diberi kesempatan oleh Allah dapat melaksanakan ibadah haji pada tahun ini serta mampu memahami kegiatan manasik haji ini dengan benar agar program ibadah haji ini dapat dirasakan oleh seluruh calon jemaah haji,” himbau Purwanto. (Ajid/Kominfomas JT)