Kader Dasawisma Mendata Rumah Walikota Lewat Aplikasi Carik Jakarta

Jakarta Timur, (19/7/2023) - Kader Dasawisma RT 011 RW 03, Kelurahan Cipinang Cempedak, Kecamatan Jatinegara, melakukan pendataan keluarga Walikota Administrasi Jakarta Timur, M. Anwar, di Rumah Dinas Walikota Jakarta Timur, Rabu (19/7/2023).

Dalam pendataan tersebut, Walikota bersama Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kota Administrasi Jakarta Timur, Diah Anwar, menyambut baik kedatangan kader Dasawisma tersebut yang didampingi Camat Jatinegara, Muchtar, beserta Lurah Cipinang Cempedak, Abdul Muin.

Walikota mengatakan, kader Dasawisma tersebut bekerja dengan baik, dengan menggunakan aplikasi Carik Jakarta. Keluarganya didata beberapa variabel, di antaranya tempat tinggal, pekerjaan, hingga sosial ekonomi dan keluarga berencana (KB).

“Dari mulai aset, situasi rumah, pekerjaan dan sebagainya. Saya kira ini sangat baik sekali. Kita apresiasi, mendukung sekali kegiatan ini, mudah-mudahan bisa lancar dan bisa dipastikan menjadi data baku di DKI Jakarta,” katanya.

Ia pun mengimbau kepada kader Dasawisma, apa yang dilakukan kader Dasawisma kepadanya (mendata dengan detail), sama dilakukan juga kepada warga lainnya. Apalagi pendataan tersebut melalui aplikasi harus sesuai dengan prosedur yang berlaku.

“Mudah-mudahan ini bisa berjalan semua dan tidak ada rumah yang tidak tersisir, semua terdata dengan baik, ketika pemerintah mengambil kebijakan seperti bantuan sosial dan lainnya, akan menjadi tepat sasaran,” ujarnya.

Di Jakarta Timur, pendataan tematik sosial ekonomi dan keluarga berencana melalui aplikasi Carik Jakarta pada 2023 ditargetkan mencapai 100 persen melalui aplikasi Carik Jakarta. Hal ini penting dalam memenuhi capaian target pendataan dari DKI Jakarta, yang berlangsung pada 4-31 Juli 2023.

Sementara, Kader Dasawisma RT 011 RW 03 Kelurahan Cipinang Cempedak, Dela Mardiana, menyampaikan beberapa aspek yang didata melalui aplikasi Carik Jakarta, di antaranya berkaitan dengan keluarga, pendidikan, Keluarga Berencana (KB), memberikan informasi-informasi terkait pendataan Dasawisma.

“Dari awal pendataan alhamdulillah lancar, saya datang juga diterima dengan baik sama Pak Wali dan Ibu Wali, dan juga saya merasa senang bisa mendata Pak Walikota sama Bu Walikota,” ungkapnya.

Ia pun menyampaikan, dalam pengumpulan data Dasawisma yang ia jalani sampai saat ini sudah mencapai 80 persen.

“Untuk data saya sendiri (target pendataan yang dijalani) sudah 80 persen, dan juga mau diselesaikan kemungkinan besok karena kita juga janji sama warganya besok,” tandasnya. (AD)