Walikota Jaktim Canangkan TNI Manunggal KB Kesehatan

Walikota Jakarta Timur Bambang Musyawardana, mencanangkan TNI Manunggal KB Kesehatan Tahun 2016 Tingkat Kota Administrasi Jakarta Timur, di halaman Kantor Kecamatan Ciracas, Selasa (17/5). Kegiatan TNI Manunggal KB Kesehatan ini akan berlangsung  selama enam bulan, dari bulan Mei – Oktober 2016.

Hadir pada acara ini Dandim 0505 Jakarta Timur Letkol Inf Iwan Setiawan, Kepala Bidang Penggerak dan Pembangunan Keluarga, Kantor BPMPKB Provinsi DKI Jakarta dr. Silvia, M.AP, Asisten Kesra Jakarta Timur Ibnu Hajar, Kepala Kantor KB Jakarta Timur Poltak, SH, Ketua PMI Jakarta Timur H.R.  Krisdianto dan Camat Ciracas Romi Sidharta.

Pada kesempatan ini Walikota  mengajak seluruh instansi pemerintah, TNI, Polri serta lapisan masyarakat untuk bersama-sama mensukseskan program KB dengan harapan dapat meningkatkan kualitas keluarga serta dapat mewujudkan manusia  unggul Jakarta.

“Program Keluarga Berencana mutlak harus dilaksanakan dengan sungguh-sungguh karena program KB merupakan investasi untuk generasi muda,” ujarnya.

Komandan Kodim 0505 Jakarta Timur Letkol Inf. Iwan Setiawan, mengatakan, ada tiga tujuan dari kegiatan ini yaitu  untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan pelayanan kontrasepsi peserta KB baru dan peserta KB aktif, terselenggaranya orientasi singkat kependudukan dan keluarga berencana dalam penggerakan/motivator program KB, serta dapat tercapainya peningkatan cakupan pelayanan KIE (Komunikasi Informasi  Edukasi) dengan tujuan stakeholder yaitu memahami tentang kependudukan dan keluarga berencana.

“Untuk melayani masyarakat yang hadir pada acara ini pihak panitia menyediakan pos pelayanan KB yang terdiri dari 250 Akseptor, Pos pengobatan umum 300 orang petugas, pengobatan gigi ada 25 orang petugas, donor darah targetnya 100 kantong darah serta membagikan 450 paket sembako kepada warga tidak mampu di Kecamatan Ciracas,” papar Dandim.

Kegiatan pencanangan juga diisi dengan penyerahan bantuan berupa 2 paket kursi roda dari BAZIS Jakarta Timur kepada warga di Kelurahan Ciracas, 2 paket bibit ikan dan pohon produktif dari Sudin KPKP Jakarta Timur untuk SDN 01 Kelapa Dua Wetan dan 15 paket PAUD dari Sudin Pendidikan Wilayah II untuk PAUD Musdalifah. Selain itu juga ada bantuan 2 unit tenis meja dari Sudin Olahraga dan Pemuda kepada RW 07 Kelurahan Ciracas, bantuan 1 paket KIE kid dari Kantor KB Jakarta Timur kepada BKB Melati RW 02 Kelurahan Kelapa Dua Wetan, 1 paket obat/vitamin 1 dari PT Soho untuk pos bantuan pengobatan umum dan  60 KTP/Akte dari Sudin Dukcapil Jakarta Timur untuk warga di Kecamatan Ciracas. (Jonathan/Kominfomas JT)