Rayakan Gema Muharam, Walikota Santuni Anak Yatim Piatu dan Dhuafa

Jakarta Timur, (9/8/2023) - Walikota Administrasi Jakarta Timur, M. Anwar, menyantuni anak yatim piatu dan dhuafa dalam kegiatan Gema Muharam 1445 H/2023 bertema ‘Rayakan Kebahagiaan di Bulan Muharam’, di Ruang Pola Kantor Walikota, Jakarta Timur, Rabu (9/8/2023).

Santunan diberikan kepada 500 anak yatim dan 500 dhuafa dalam kegiatan yang digelar Baznas (Bazis) Kota Administrasi Jakarta Timur. Kegiatan juga diwarnai pemberian bantuan alat dengar kepada dua penerima, penyerahan kunci hasil bedah rumah kepada dua penerima, pemberian bantuan penebusan ijazah kepada 1 penerima, dan renovasi 1 masjid.

“Hari ini kita melaksanakan kegiatan rutin setiap tahun, ketika memasuki bulan Muharam. Kita memberikan santunan atau memberikan perhatian kepada yang mustahik (para penerima zakat) yang wajib menerimanya, melalui program Baznas Bazis,” katanya. 

Kegiatan dihadiri para Corporate Social Respobility (CSR). Kehadiran mereka untuk melihat secara langsung program nyata yang dijalankan Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur, melalui Baznas Bazis, yang memberikan manfaat kepada masyarakat yang membutuhkan. 

Walikota mengajak para CSR ikut terlibat dalam program Baznas Bazis yakni zakat dan infak. Zakat dan infak yang juga diikuti Aparat Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur.

“Harapannya sesuai motonya Baznas Bazis, menyejahterakan masyarakat, kita harus dukung program ini. Saya sebagai Walikota harus mencari dana Bazis, agar kebutuhan yang diberikan terpenuhi dengan baik, karena ini jelas terutama Jakarta Timur warga saya sangat padat, ada 3,6 juta penduduk,” jelasnya.

Bantuan dari Baznas Bazis disalurkan untuk beberapa program penting di Jakarta Timur, seperti masalah stunting, masalah sosial dan pendidikan. 

Sementara itu, Ketua Baznas Bazis DKI Jakarta, Ahmad H. Abu Bakar, menjelaskan Gema Muharam meliputi pemberian santunan kepada anak yatim piatu, pemberian bantuan kepada dhuafa, penyerahan kunci hasil bedah rumah, pemberian bantuan penebusan ijazah, pemberian bantuan alat bantu dengar, dan renovasi masjid.

“Semoga program yang sudah dilaksanakan ini bisa berlanjut terus. Seperti yang Pak Wali ungkapkan, jumlah penduduk (Jakarta Timur) 3 jutaan, jadi masih banyak yang membutuhkan bantuan, membutuhkan perhatian dari kita,” imbuhnya. 

Di lain pihak, Marullah, salah satu penerima kunci hasil bedah rumah yang berlokasi di Kampung Pisangan RT 004 RW 03, Kelurahan Penggilingan, Kecamatan Cakung, menyampaikan terima kasihnya kepada Baznas Bazis yang telah merenovasi rumahnya, yang kini sudah layak untuk dihuni.

“Terima kasih Baznas Bazis telah memperhatikan dan memperbaiki rumah saya, kini rumah saya sudah dapat ditempati dengan nyaman,” ungkapnya. (AD)